Megawati: Pancasila Menjadi Jawaban Atas Struktur Dunia Yang Tidak Adil

  • 01 Juni 2024 09:00:00
  • Views: 5

Presiden kelima RI sekaligus Ketua Badan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Megawati Soekarnoputri banyak melemparkan senyum ketika berada di Rumah Pengasingan Bung Karno, Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT), Jumat (31/5/2024).

Diketahui, rumah itu menjadi tempat Proklamator RI Soekarno atau Bung Karno diasingkan pemerintah kolonial Belanda dari 14 Januari 1934 sampai 18 Oktober 1938.

Megawati mengawali kedatangan di lokasi dengan mengatupkan tangan, lalu menundukkan kepala kepada juru pelihara Rumah Pengasingan Bung Karno, Syafrudin. Sambil melempar senyum, Megawati memenuhi permintaan Syafrudin untuk mengisi buku tamu.

Selanjutnya, beberapa senyum mulai terlihat saat Megawati melihat area rumah pengasingan. Misalnya, Wapres kedelapan RI itu sedang melihat barang peninggalan Bung Karno yang dipamerkan di area depan lokasi.

Megawati bahkan kembali tertawa sembari menunjukkan salinan cerita anak angkat Bung Karno, Ratna Juwami. Dalam momen lain, Megawati mengarahkan telunjuk ke sebuah artikel berita bejudul ‘Kami Sama-Sama Keras dan Manja’.

Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto terlihat berada di dekat Megawati ketika ibunda Ketua DPP PDI Perjuangan Prananda Prabowo dan Puan Maharani itu memperlihatkan artikel. Megawati sesekali bercerita sembari menunjuk artikel, lalu melemparkan senyumnya.

Senyuman lain juga terlihat ketika Megawati duduk di kasur sembari memegang guling yang berada di ruangan yang disebut Kamar Bung Karno.

Tidak cukup di situ, Megawati juga terlihat melemparkan senyum sebelum beranjak pergi dari area Rumah Pengasingan Bung Karno. Puluhan anak-anak terlihat berebut bersalaman dengan Megawati yang diladeni Ketua Umum PDI Perjuangan itu dengan sabar.


Sumber: https://www.liputan6.com/news/read/5609428/megawati-pancasila-menjadi-jawaban-atas-struktur-dunia-yang-tidak-adil
Tokoh













Graph