Jokowi Upacara Hari Lahir Pancasila di Lokasi Blok Rokan, Ini Pesannya

  • 01 Juni 2024 11:50:23
  • Views: 7

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin langsung upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di di Lapangan Garuda, Kompleks Pertamina Hulu Rokan (PHR), Kota Dumai, Riau, hari ini Sabtu (1/6/2024).

Tampak hadir Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono, Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy. Ketua MPR RI Bambang Soesatyo didapuk jadi petugas pembaca Pancasila dan Ketua DPD RI AA La Nyalla Mahmud Mattalitti jadi petugas pembaca Pembukaan UUD 1945.

Dalam pidatonya, Jokowi berpesan agar semua pihak memperkokoh bangsa dan bekerja sama membangun ekonomi nasional. Dengan panduan Pancasila, menjadikan Indonesia tetap kokok dan mandiri, berdikari membangun ekonominya.

-

-

"Termasuk melalui industrialisasi di dalam negeri dan melalui hilirisasi di berbagai sektor. Kita harus menjamin kekayaan negara sepenuhnya untuk kemakmuran rakyat kita. Juga harus aktif mengambil kembali aset-aset strategis bangsa, kita kelola dan manfaatkan sebesar-besarnya untuk kesejahteraan masyarakat," katanya.

"Salah satunya adalah Blok Rokan di Riau ini, tempat yang kita pakai untuk lokasi upacara peringatan hari lahir Pancasila," tambah Jokowi.

Dia menuturkan, setelah saham mayoritas Freeport diambil alih, Indonesia kemudian berhasil mengambil alih Blok Rokan.

"Yang merupakan blok migas paling produktif dalam sejarah perminyakan Indonesia. Saya mendapat laporan tadi pagi dari Pertamina bahwa produksi di blok Rokan sudah mencapai 162.000 barel per hari ini. Lebih tinggi dari saat dikelola oleh Chevron dan merupakan 25% dari seluruh produksi nasional Indonesia," katanya.

"Freeport dan blok Rokan hanyalah sedikit contoh dari semangat dan upaya kita untuk kedaulatan politik dan kemandirian ekonomi untuk mengamalkan Pancasila dalam kehidupan nyata membangun ekonomi yang berpihak pada kepentingan nasional. Berdiri di atas kekuatan kita sendiri," tegas Jokowi.


[-]

-

Jokowi Full Senyum di IIMS, Respons Prabowo-Gibran Unggul Quick Count
(dce/dce)
Sumber: https://www.cnbcindonesia.com/news/20240601082640-4-542959/jokowi-upacara-hari-lahir-pancasila-di-lokasi-blok-rokan-ini-pesannya
Tokoh



















Graph