Gencarkan Orkestrasi Antargenerasi dalam Transformasi Digital Jum'at, 31/05/2024, 20:21 WIB

  • 31 Mei 2024 20:21:00
  • Views: 4

Warta Ekonomi, Malang -

Dalam rangka mewujudkan Indonesia Makin Cakap Digital, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo RI) menyelenggarakan webinar #MakinCakapDigital2024 untuk segmen komunitas di wilayah Kota Malang, Jawa Timur bertemakan “Menjadi Netizen yang Bijak Dalam Bermedia Sosial” pada Jumat (31/5/2024).

Survei dari We Are Social dan Kepios 2022 menyebutkan, pengguna internet di Indonesia terus bertambah setiap tahunnya, kini bahkan mencapai 204 juta pengguna atau sudah digunakan oleh 73,7 persen penduduk Indonesia.

Sejumlah 80,1 persen penduduk Indonesia menggunakan internet untuk mencari informasi dan dapat menghabiskan waktu 8 jam 36 menit dalam satu hari menggunakan internet.

Indeks literasi digital Indonesia pada 2023 berada di angka 3,65 dari skala 1-5. Angka ini berada di tingkat sedang, sekaligus menunjukkan peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya, yaitu 3,54.

Peningkatan literasi digital semakin urgen, sehingga masyarakat mampu beradaptasi dengan sederet perubahan sekarang ini. Setiap individu kian mudah mendapat informasi secara online maupun real time. Media yang digunakan beragam dan saling terkoneksi satu sama lain.

Managing Director Kaizen Room & Pegiat Literasi Digital, Aidil Wicaksono mengatakan, budaya merupakan hambatan nyata dalam transformasi digital. Meski demikian, masyarakat tetap dapat mengupayakan budaya beradaptasi dengan masa kini, mulai dari cara berinteraksi, mencapai, belajar, bekerja, hingga berpikir.

Baca Juga: Bagun Persepsi Positif dengan Menjaga Jejak Digital dengan Baik

“Melalui Pancasila kita bisa saling terbuka untuk belajar yang tidak hanya dari generasi kita, tapi seluruh generasi. Kita butuh orkestrasi antargenerasi secepat mungkin,” kata Aidil saat menjadi pembicara webinar Makin Cakap Digital 2024 untuk segmen komunitas di wilayah Kota Malang, Jawa Timur, Jumat (31/5/2024).

Generasi muda harus menyadari generasi lebih dewasa memiliki pengalaman cukup untuk membimbing, membantu, dan mengarahkan. Sebaliknya, generasi lebih dewasa juga perlu memahami generasi muda cepat beradaptasi.

Akademisi Unitomo, CER ACSB East Java, Meithiana Indrasari menambahkan, pemahaman digital skill dapat membantu masyarakat menyelesaikan segala permasalahan. Banyak informasi yang bisa dilihat dan dicari di ruang digital.

“Perkembangan teknologi sangat memungkinkan dan memudahkan segala pekerjaan kita untuk menjadi lebih efektif dan efisien. Walaupun kita tetap harus menjunjung tinggi kaedah dan karya,” kata Meithiana.

Dengan digital skill yang dimiliki, masyarakat diharapkan mampu menyeleksi dan memverifikasi informasi yang didapat. Kemudian menggunakannya untuk kebaikan diri dan sesama. Jangan sampai terjebak informasi menyesatkan atau disinformasi.

Baca Juga: Bagun Persepsi Positif dengan Menjaga Jejak Digital dengan Baik

Dalam kesempatan sama, Praktisi IT & Founder CV. Riboson (RTIK Tulungagung-Jawa Timur), Ary Sunaryo mengatakan, perubahan gaya hidup serba digital menawarkan kemudahan kepada masyarakat. Meski demikian, setiap individu tetap harus waspada dan tidak mudah percaya terhadap apa yang didapat di internet.

“Selalu berpikir kritis. Kita harus sadar berpikir kritis itu penting ketika kita masuk dunia digital. Jangan sampai kita tidak sadar sudah ditipu, atau tidak sadar sudah menjadi penipu,” kata Ary.

Kegiatan Makin Cakap Digital 2024 merupakan rangkaian program Indonesia Makin Cakap Digital yang diinisiasi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI. Program ini bertujuan meningkatkan literasi digital 50 juta masyarakat di Indonesia.

Kali ini hadir pembicara-pembicara yang ahli di bidangnya, yaitu Managing Director Kaizen Room & Pegiat Literasi Digital, Aidil Wicaksono, Akademisi Unitomo, CER ACSB East Java, Meithiana Indrasari, dan Praktisi IT & Founder CV. Riboson (RTIK Tulungagung-Jawa Timur), Ary Sunaryo.

Adapun informasi lebih lanjut mengenai literasi digital dapat diakses melalui Website literasidigital.id atau akun Instagram @literasidigitalkominfo, Facebook Literasi Digital Kominfo dan YouTube Literasi Digital Kominfo.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.


Sumber: https://wartaekonomi.co.id/read536277/gencarkan-orkestrasi-antargenerasi-dalam-transformasi-digital?page=all
Tokoh

Graph

Extracted

companies Facebook, Google, Instagram, YouTube,
ministries Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo),
organizations PERSEPSI,
topics Kaizen, transformasi digital,
products Pancasila,
nations Indonesia,
places JAWA TIMUR,
cities Malang, Tulungagung,