Pemkot Jakpus Minta Pedagang Hewan Kurban Tidak Buka Lapak di Taman hingga Trotoar

  • 31 Mei 2024 12:46:21
  • Views: 5

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Pusat meminta seluruh pedagang hewan kurban tidak memanfaatkan fasilitas umum (fasum) seperti taman, trotoar dan drainase saluran air sebagai tempat berjualan. Semua yang berjualan diminta tertib.

"Kami mengacu pada ketertiban umum (tibum) no 8 tahun 2017. Pedagang tidak boleh dagang di fasilitas umum (fasum) seperti trotoar, taman," kata Kepala Satpol PP Jakarta Pusat, Tumbur Parluhutan Purba di Jakarta, Kamis (30/5/2024).

Baca Juga

Jelang Idul Adha, Penjualan Sapi Kurban di Pandeglang Mulai Ramai Diburu Pembeli

Purba mengatakan, pihak Satpol PP tidak akan mengakomidir hal-hal yang melanggar aturan. Pedagang hewan kurban yang tetap berdagang di lokasi yang melanggar akan ditertibkan.

"Yang melanggar akan kami tindak namun secara persuasif. Terlebih jika pedagang ini estetikannya mengganggu seperti laju lalu lintas dan pejalan kaki," ujar Purba.

Baca Juga

Sambut Idul Adha, Ini Tips Jitu Pilih Hewan Kurban dari Pakar Peternakan UGM

Purba mengatakan, pihaknya juga masih menunggu rapat bersama dengan delapan camat, walikota, dan suku dinas terkait tentang hewan kurban dalam penempatan.

Sementara itu, Wali Kota Jakarta Pusat, Dhany Sukma juga akan membahas bersama para camat tentang penempatan hewan kurban.

Baca Juga

Ternyata Ini Alasan Pedagang Kambing Kurban di Bantul Pakai SPG Cantik hingga Viral

"Penetapan titik-titik penjualan itu berdasarkan hasil rekomendasi dari wilayah yang tentunya tidak mengganggu terutama pejalan kaki di trotoar, di atas saluran air," kata Dhany.

Pemkot Jakarta Pusat juga akan melakukan penertiban secara terpadu, pendekatan secara persuasif, humanis, tetapi tetap tegas terhadap aturan yang ada.

Dhany berharap, tempat penjualan hewan kurban di wilayah Jakarta Pusat tidak mengganggu kenyamanan dan aktivitas warga sekitar.

"Harus ada penetapan bersama yang kira-kira tidak mengganggu dan nanti kita akan rekomendasikan masukan dari teman-teman camat," ucap Dhany.

Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian DKI Jakarta melakukan pemeriksaan terhadap tempat penampungan atau penjualan hewan kurban di wilayah Jakarta menjelang Idul Adha 1445 Hijriah mulai awal Juni 2024. 
 
"Kalau pemeriksaan tempat penjualan kita akan mulai satu pekan sebelumnya. Jadi awal bulan Juni kan? Nah kebetulan tanggal 3-4 itu kita sudah mulai pemeriksaan," kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta Suharini Eliawati saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa (30/4).
 
Suharini menjelaskan, pemeriksaan tempat penjualan hewan kurban itu meliputi pengecekan kebersihan dalam rangka menjamin kesehatan dan keamanan masyarakat dalam berkurban serta mencegah penyakit hewan menjelang Idul Adha 1445 Hijriah.

Penilaian kelayakan tempat penampungan atau penjualan hewan kurban terkait fasilitas penunjang seperti atap peneduh, pagar pengaman, kandang karantina dan isolasi, penampungan limbah serta area disposal juga menjadi poin pengawasan petugas.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq


Sumber: https://www.inews.id/news/megapolitan/pemkot-jakpus-minta-pedagang-hewan-kurban-tidak-buka-lapak-di-taman-hingga-trotoar
Tokoh

Graph

Extracted

ministries Satpol PP,
institutions UGM,
events Idul Adha 1441 Hijriah,
products Hewan kurban,
places BANTEN, DI YOGYAKARTA, DKI Jakarta,
cities Bantul, Pandeglang,
animals Kambing, Sapi,