Hari Ke-6 Longsor Papua Nugini, Semua Korban yang Terkubur Dinyatakan Meninggal

  • 31 Mei 2024 01:19:19
  • Views: 6

SYDNEY, iNews.id - Harapan untuk menemukan korban tanah longsor di Provinsi Enga, Papua Nugini, dalam kondisi hidup sirna. Pencarian hari keenam pasca-longsor, Kamis (30/5/2024), terus dilakukan. Diperkirakan ratusan hingga 2.000 orang terkubur longsor dari gunung yang runtuh pada Jumat pekan lalu.

Para korban terkubur material setinggi 8 meter atau setara dua lantai bangunan. Alat berat sulit mencapai lokasi karena jalur utama terputus dan sulitnya medan, sehingga pencarian korban menguntamakan peralatan seadanya.

Baca Juga

Ini Penyebab Longsor di Papua Nugini yang Timbun 2.000 Orang Menurut PM Marape

“Tidak ada korban yang diperkirakan masih hidup di bawah puing-puing saat ini. Jadi ini adalah operasi untuk menemukan jenazah manusia,” kata Ketua Komite Bencana Provinsi Enga, Sandis Tsaka, dikudip dari Reuters.

Para pejabat masih berupaya memastikan jumlah orang yang terkubur, terutama di Desa Yambali, yang lokasinya tepat di kaki gunung berbatu yang runtuh.

Baca Juga

Longsor Papua Nugini Timbun 2.000 Orang, Alat Berat Tak Bisa Jangkau Lokasi

Tsaka menambahkan pemerintah masih ragu mengenai jumlah korban tewas meski meyakini angkanya sangat besar.

“Jumlahnya bisa berkisar antara ratusan hingga 2.000 orang. Saya tidak akan sepenuhnya mengesampingkan angka 2.000 karena ketidakpastian mengenai berapa banyak orang yang berada di sana saat itu. Saya tidak bisa memberikan jawaban pasti sampai kami menyelesaikan pemetaan sosial," ujarnya.

Baca Juga

Longsor Papua Nugini Timbun 2.000 Orang, Pemerintah Evakuasi 8.000 Warga di Jalur Bahaya

Data jumlah korban yang disampaikan Pemerintah Papua Nugini kepada PBB diambil berdasarkan sensus terakhir pada 2000. Jumlah itu masih akan diperbarui memnggunakan data pemilu. Selain itu pemerintah akan berkonsultasi dengan para pemimpin setempat untuk memperkiraan jumlah total korban tewas.

Data pemerintah itu di bawah perkiraan badan PBB yang menyebutkan jumlah korban tewas sekitar 670 orang. Angka yang jauh berbeda disebutkan seorang pengusaha lokal yang juga mantan pejabat setempat. Dia menyebut jumlah korban tewas mendekati 160 orang.

Sejauh ini baru enam jenazah yang ditemukan, dua di antaranya merupakan penduduk yang bermukim di luar lokasi bencana. Fakta ini menunjukkan adanya pergerakan yang tinggi dari penduduk lokal.

Sementara itu puluhan tentara, insinyur, ahli geologi, serta pejabat kesehatan masyarakat telah berada di lokasi. Tim pendari mulai menggunakan alat berat untuk menggali lokasi longsor mulai hari ini.

Editor : Anton Suhartono


Sumber: https://www.inews.id/news/internasional/hari-ke-6-longsor-papua-nugini-semua-korban-yang-terkubur-dinyatakan-meninggal
Tokoh



Graph

Extracted

persons Suhartono,
companies Reuters,
parties PBB,
topics longsor,
nations Papua Nugini,
places PAPUA, Sumatera Utara,
cities Gunung, Sydney,