Kapan Wukuf di Arafah saat Haji 2024? Ini Tanggalnya!

  • 30 Mei 2024 23:29:05
  • Views: 7

Jakarta -

Wukuf adalah salah satu tahapan dalam pelaksanaan ibadah haji. Tahapan wukuf di Arafah dilakukan pada tanggal 9 Zulhijah, sehari sebelum Hari Raya Idul Adha tanggal 10 Zulhijah.

Lalu, kapan wukuf di Arafah saat ibadah haji 1445 H/2024 M? Simak informasinya berikut ini.

Dilansir situs Kementerian Agama (Kemenag) RI, wukuf menurut bahasa berarti berhenti. Menurut istilah, wukuf artinya berhenti atau berdiam diri di Arafah dalam keadaan ihram walau sejenak dalam waktu antara tergelincir Matahari pada 9 Zulhijah (hari Arafah) sampai terbit fajar hari 10 Zulhijah. Wukuf di Arafah termasuk salah satu rukun haji.

-

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Wukuf di Arafah adalah salah satu komponen penting ibadah haji. Di Padang Arafah, seluruh hamba Allah berwukuf dengan memakai 1 (satu) warna dan 1 (satu) jenis pakaian yaitu kain ihram berwarna putih.

Tidak ada perbedaan status sosial di padang Arafah, melainkan kesamaan status sebagai hamba Allah. Tidak terlihat perbedaan suku, melainkan kesamaan aqidah dan tauhid.

Wukuf di Arafah menjadi simbol shilatul îman (keterhubungan keimanan), shilatul arhâm (keterhubungan nasab), dan shilatul hadhârah (keterhubungan peradaban). Sebagaimana diisyaratkan oleh Allah SWT dalam QS. Al Hujurat:13 berikut ini.

يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ اِنَّا خَلَقْنٰكُمْ مِّنْ ذَكَرٍ وَّاُنْثٰى وَجَعَلْنٰكُمْ شُعُوْبًا وَّقَبَاۤىِٕلَ لِتَعَارَفُوْا ۚ اِنَّ اَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللّٰهِ اَتْقٰىكُمْ ۗاِنَّ اللّٰهَ عَلِيْمٌ خَبِيْرٌ

"Wahai manusia, sesungguhnya Kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan perempuan. Kemudian, Kami menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal. Sesungguhnya yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah adalah orang yang paling bertakwa. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Mahateliti."

Jadwal wukuf di Arafah saat pelaksanaan ibadah haji 2024 tertuang dalam Rencana Perjalanan Haji 1445 H/2024 M. Berikut jadwal wukuf di Arafah saat ibadah haji 2024.

Hari, tanggal: Sabtu, 15 Juni 2024 / 09 Dzulhijjah 1445Tahapan: Wukuf di Arafah.Ketentuan Pelaksanaan Wukuf di Arafah

Ketentuan pelaksanaan wukuf tercantum dalam 'Tuntunan Manasik Haji dan Umrah' yang dikeluarkan oleh Kementerian Agama (Kemenag) RI. Simak informasinya di bawah ini.

Wukuf dilakukan setelah khutbah wukuf dan salat jamak qashar taqdim Zuhur dan Ashar.Wukuf dilakukan dalam suasana tenang, khusyu' dan tawadhu' kepada Allah.Wukuf dapat dilaksanakan secara berjamaah atau sendiri-sendiri.Selama wukuf, jemaah memperbanyak zikir, istighfar, salawat dan doa sesuai sunnah Rasulullah SAW.Dalam melaksanakan wukuf, seseorang tidak dipersyaratkan suci dari hadas besar maupun kecil. Karena itu, perempuan yang
sedang haid atau nifas boleh melaksanakan wukuf.Jemaah haji yang sakit dan berada dalam perawatan di rumah sakit atau KKHI dan memungkinkan dibawa ke Arafah bisa melaksanakan wukuf lewat proses safari wukuf. (kny/imk)
Sumber: https://news.detik.com/berita/d-7366369/kapan-wukuf-di-arafah-saat-haji-2024-ini-tanggalnya
Tokoh



Graph

Extracted

persons Hujurat,
ministries Kemenag,
topics haji,
events Ibadah Haji, Idul Adha 1441 Hijriah,
places DKI Jakarta,