Banyak Temuan Penyembelihan Hewan Kurban Tak Sesuai Syarat, Fapet UGM Menggelar Pelatihan Juru Sembelih Halal

  • 30 Mei 2024 23:17:46
  • Views: 5

Harianjogja.com, SLEMAN—Mendekati Idul Adha yang kian dekat, Juru Sembelih Halal (Juleha) Jogjakarta bekerja sama dengan Fakultas Peternakan UGM mengadakan pelatihan juru sembelih halal. 

Pelatihan ini dilatar belakangi masih adanya penyembelihan hewan kurban yang belum sesuai dengan syarat-syarat yang ditentukan. Baik dari sisi tuntunan syari, higiene-sanitasi maupun kesejahteraan hewan. 

Ketua Pelatihan Juleha Fapet UGM, Cuk Tri Noviandi mengungkapkan tujuan pelatihan ini untuk menyiapkan para juru sembelih halal. Dalam konteks ini, pihaknya menyiapkan juru sembelih yang sesuai dengan 10 kompetensi yang ditetapkan oleh pemerintah berdasarkan SKKNI No 147 tahun 2022.

BACA JUGA: Jelang Iduladha 2024, DKPP Bantul Klaim Stok Vaksin PMK Mencukupi

"Masih dijumpai kasus penyembelihan tidak sesuai dengan syarat-syarat yang ditentukan," kata Cuk pass Senin (27/5/2024).

Untuk menampung banyak peserta, pelatihan juru sembelih halal ini dilakukan sebanyak empat batch, yakni 19 Mei, 26 Mei, 1 Juni dan 9 Juni. Pada batch pertama dan kedua, sudah ada 71 peserta yang telah mengikuti pelatihan ini. Para peserta berasal dari beragam kalangan, mulai dari takmir masjid, jagal, pemilik RPA, dosen hingga mahasiswa.

"Dalam pelatihan ini para peserta mendapatkan ilmu terkait 10 kompetensi JULEHA, praktik persiapan alat (asah bilah) dan latihan penyembelihan," lanjut Cuk.

BACA JUGA: Iduladha, Ketersediaan Sapi di Gunungkidul Capai 17.000 Ekor

Selama mengikuti pelatihan, peserta mendapatkan sejumlah fasilitas. Fasilitas itu meliputi pisau sembelih standar SKKNI, sharpening steel (honing), gloves anti sayat hingga sertifikat pelatihan. 


Sumber: https://jogjapolitan.harianjogja.com/read/2024/05/28/512/1175923/banyak-temuan-penyembelihan-hewan-kurban-tak-sesuai-syarat-fapet-ugm-menggelar-pelatihan-juru-sembelih-halal
Tokoh

Graph

Extracted

ministries DKPP,
institutions UGM,
topics SKKNI,
events Idul Adha 1441 Hijriah,
products Hewan kurban, vaksin,
places DI YOGYAKARTA,
cities Bantul, Gunungkidul,
animals Sapi,