Jokowi Teken 9 Nama untuk Jadi Pansel KPK

  • 30 Mei 2024 23:09:08
  • Views: 6

Gery David Sitompul | Kamis, 30/05/2024 14:12 WIB

Presiden Jokowi menandatangani nama-nama yang menjadi anggota Pansel KPK.

Jakarta, Jurnas.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah menandatangani sembilan nama yang menjadi anggota panitia seleksi (pansel) calon komisioner dan dewan pengawas KPK periode 2024-2029.

"Pansel KPK sudah saya tandatangani kemarin, sebelum berangkat sudah saya tandatangani. Ada sembilan nama yang masuk, tapi saya enggak hafal," kata Jokowi usai meninjau Pasar Lawang Agung, Kecamatan Rupit, Kabupaten Musi Rawas Utara, Sumatera Selatan, Kamis 30 Mei 2024.

Dia tak merinci komposisi pembentukan pansel pimpinan dan Dewas KPK itu. Yang pasti, Jokowi menyebut unsur yang ada di dalamnya seimbang.

"Saya enggak tahu unsur pemerintah berapa, profesional berapa. Tetapi saya kira apa, fifty-fifty lah," ujar Jokowi.

Sebelumnya, Indonesia Corruption Watch (ICW) mengingatkan agar Jokowi tidak mengulangi kesalahan yang sama dalam pembentukan pansel. ICW mengungkit banyaknya polemik dalam pembentukan Pansel Pimpinan dan Dewas KPK tahun 2019.

Mulai dari indikasi konflik kepentingan, mengesampingkan nilai integritas saat proses penjaringan, hingga tidak mengakomodir masukan masyarakat.

ICW menyoroti setidaknya ada tiga kriteria yang penting dijadikan dasar bagi Jokowi untuk menilai figur-figur calon Pansel mendatang. Di antaranya, kompetensi, integritas, dan terbebas dari konflik kepentingan.

Presiden harus menunjuk figur yang memahami kondisi pemberantasan korupsi di Indonesia secara utuh dan mengetahui permasalahan-permasalahan di KPK belakangan waktu terakhir.

Selain itu, Rekam jejak kandidat calon Pansel menurut ICW harus benar-benar diperhatikan, baik hukum maupun etika.

Jokowi juga harus secara cermat memperhatikan latar belakang figur-figur calon Pansel, khususnya menyangkut relasi dengan institusi negara atau kelompok politik tertentu.

KEYWORD :

KPK Presiden Jokowi Pansel Anggota Panitia Seleksi Joko Widodo


Sumber: https://www.jurnas.com/artikel/156432/Jokowi-Teken-9-Nama-untuk-Jadi-Pansel-KPK/
Tokoh



Graph

Extracted

persons Joko Widodo,
ministries Dewas KPK, KPK,
ngos ICW,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta, KALIMANTAN UTARA, SUMATERA SELATAN,
cities Penjaringan,
cases korupsi,