Pansel Capim KPK Diumumkan, Eks Penyidik: Harus Berani!

  • 30 Mei 2024 17:30:54
  • Views: 6

JAKARTA - Sebanyak sembilan nama panitia seleksi calon pimpinan (pansel capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2024-2029 resmi diumumkan.

Salah satunya adalah Kepala Badan Pengawasan Pembangunan dan Keuangan (BPKP), Muhammad Yusuf Ateh yang ditunjuk sebagai ketua.

Eks penyidik KPK, Yudi Purnomo Harahap menyatakan, dengan dirilisanya nama-nama tersebut maka dimulailah proses seleksi calon pimpinan Lembaga Antirasuah.

Yudi menjelaskan, kesembilan orang yang ditunjuk itu mengemban tugas yang berat. Pasalnya, ia menjadi pansel capim ketika KPK marak diterjang isu negatif.

"Yang harus dicamkan oleh Pansel adalah mereka akan menseleksi pimpinan KPK ketika keadaan KPK sedang tidak baik baik saja, masalah korupsi dan krisis integritas yang melanda KPK dan kontroversi yang lebih banyak dibanding prestasi memberantas korupsi membuat kepercayaan publik menurun drastis," kata Yudi melalui keterangan tertulisnya, Kamis (30/5/2024).

Yudi pun menyebutkan beberapa kriteria capim KPK yang harus dipenuhi pansel, yakni tidak bermasalah dari sisi integritas dan tidak menjadi masalah baru ketika menjadi pimpinan KPK, dipercaya akan mampu meningkatkan kepercayaan publik, dan ⁠dipercaya akan meningkatkan kinerja KPK dan berprestasi.

"Hal tersebut baru dapat dilakukan jika Pansel berani mencoret pimpinan KPK sejak awal seleksi bahkan sejak proses administratif ketika ada yang mendaftar merupakan orang yang bermasalah, mendapat reaksi negatif publik, dan rekam jejaknya buruk," ujarnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Sebelumnya, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno mengungkapkan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Muhammad Yusuf Ateh sebagai Ketua panitia seleksi (pansel) calon pimpinan dan dewan pengawas (Dewas) KPK.

Pratikno juga menyebut bahwa Rektor IPB Arief Satria ditunjuk sebagai Wakil Ketua Pansel Capim dan Dewas KPK.

"Pak Presiden sudah menetapkan ketuanya adalah Muhammad Yusuf Ateh, beliau kepala BPKB. Kemudian wakil ketuanya adalah profesor doktor Arief Satria Rektor IPB dan sekaligus beliau kan juga ketua ormas besar ya," kata Pratikno.

Pratikno mengatakan penunjukkan Yusuf sebagai Ketua Pansel Capim KPK sesuai dengan peraturan pemerintah yang berlaku.

"Jadi itu memang ketuanya ini dari unsur pemerintah pusat sebagaimana diatur dalam PP Nomor 4 Tahun 2020 tentang tata cara pengangkatan ketua dan dewas KPK. Di situ disebutkan bahwa ketuanya adalah dari unsur pemerintah pusat jadi anggotanya total anggota panselnya ada 9 orang 5 dari unsur pemerintah pusat dan 4 dari unsur masyarakat gitu," tuturnya.

Berikut susunan Pansel Capim dan Dewas KPK :

Ketua Pansel: Muhammad Yusuf Ateh (Kepala BPKP)

Wakil Ketua: Arief Satria (Rektor IPB dan ketua Ormas)

Anggota:

Ivan Yustiavandana

Nawal Nely

Ahmad Erani Yustika

Ambeg Paramarta

Elwi Danil

Rezki Sri Wibowo

Taufik Rachman

Follow WhatsApp Channel Okezone untuk update berita terbaru setiap hari

Follow
Sumber: https://nasional.okezone.com/read/2024/05/30/337/3015235/pansel-capim-kpk-diumumkan-eks-penyidik-harus-berani
Tokoh















Graph