Pemprov Banten Antisipasi Kenaikan Harga Pangan Jelang Idul Adha

  • 30 Mei 2024 12:33:39
  • Views: 5

Serang: Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten melakukan antisipasi kenaikan harga komoditas pangan yang memicu kenaikan inflasi di daerah menjelang Hari Raya Idul Adha.    Pelaksana Harian (Plh) Sekda Banten, Virgojanti, mengatakan upaya yang dilakukan oleh Pemprov Banten untuk antisipasi kenaikan harga diantaranya menggencarkan kegiatan Operasi Pasar (OP) murah dan sidak ke beberapa distributor.    "Hal ini dilakukan untuk memastikan arus barang berjalan dengan baik dan tidak adanya penimbunan, termasuk juga membantu Pemda dalam melakukan OP di seluruh Pemda secara merata," kata Virgo di Serang, Selasa, 28 Mei 2024.    Selain harga pangan, Pemprov Banten juga akan mengawasi terkait dengan harga hewan kurban serta kondisi kesehatannya.    “Kalau kita lihat untuk tahun ini terjadi peningkatan, dan itu tentu ada nilai ekonomis juga yang berdampak pada masyarakat. Makanya kita ingin pastikan kondisi kesehatan hewan kurban itu dalam kondisi prima, dan hewan yang disiapkan untuk kurban sesuai dengan syariat agama," jelasnya.    Virgojanti berharap seluruh stakeholder turut melakukan upaya antisipasi itu, sehingga pada momen Idul Adha tahun ini daya beli masyarakat tetap terjaga.    "Memang biasanya momen Idul Adha ini permintaannya tidak setinggi pada momen Idul Fitri. Namun demikian, itu tetap harus diantisipasi," ungkapnya.

Serang: Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten melakukan antisipasi kenaikan harga komoditas pangan yang memicu kenaikan inflasi di daerah menjelang Hari Raya Idul Adha. 
 
Pelaksana Harian (Plh) Sekda Banten, Virgojanti, mengatakan upaya yang dilakukan oleh Pemprov Banten untuk antisipasi kenaikan harga diantaranya menggencarkan kegiatan Operasi Pasar (OP) murah dan sidak ke beberapa distributor. 
 
"Hal ini dilakukan untuk memastikan arus barang berjalan dengan baik dan tidak adanya penimbunan, termasuk juga membantu Pemda dalam melakukan OP di seluruh Pemda secara merata," kata Virgo di Serang, Selasa, 28 Mei 2024. 
  Selain harga pangan, Pemprov Banten juga akan mengawasi terkait dengan harga hewan kurban serta kondisi kesehatannya. 
 
“Kalau kita lihat untuk tahun ini terjadi peningkatan, dan itu tentu ada nilai ekonomis juga yang berdampak pada masyarakat. Makanya kita ingin pastikan kondisi kesehatan hewan kurban itu dalam kondisi prima, dan hewan yang disiapkan untuk kurban sesuai dengan syariat agama," jelasnya. 
 
Virgojanti berharap seluruh stakeholder turut melakukan upaya antisipasi itu, sehingga pada momen Idul Adha tahun ini daya beli masyarakat tetap terjaga. 
 
"Memang biasanya momen Idul Adha ini permintaannya tidak setinggi pada momen Idul Fitri. Namun demikian, itu tetap harus diantisipasi," ungkapnya.
 

 
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

(DEN)


Sumber: https://www.medcom.id/nasional/daerah/yNL1n7qb-pemprov-banten-antisipasi-kenaikan-harga-pangan-jelang-idul-adha
Tokoh

Graph

Extracted

companies Google,
events Idul Adha 1441 Hijriah,
products Hewan kurban,
places BANTEN,
cities Serang,