Dirjen EBTKE Ungkap Ada Potensi PLTS Terapung Baru di Laut Cilamaya

  • 29 Mei 2024 23:23:36
  • Views: 7

Jakarta, CNBC Indonesia - Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (Dirjen EBTKE) Kementerian ESDM Eniya Listiani Dewi mengungkapkan potensi baru pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) baru di perairan Cilamaya, Jawa Barat.

Adapun, Eniya mengatakan PLTS di perairan laut Cilamaya ini memiliki potensi hingga 2 giga watt (GW). Potensi ini, kata Eniya, masih dikaji.

"Sekarang sedikit dikaji di Cilamaya itu ada 2 giga potensi karena lautnya tenang. Sudah ada 1,5 tahun laut (Cilamaya) tidak bergejolak dan ini menjadi potensi. Itu salah satu yang bisa dilihat bahwa potensi surya besar," kata Eniya.

-

-

Minggu lalu (15/5/2024), PT Indo Energi Masa Depan (Inerman) meneken memorandum of agreement atau MoA dengan Shanghai Electric Power Transmission and Distribution Engineering Co, Ltd (Shanghai Electric) untuk membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Terapung berkapasitas lebih dari 2.000 Megawatt (MW) di Cilamaya dan Subang, Jawa Barat.

Proyek ini awalnya ditandatangani pada saat acara pelaksanaan KTT G20 Bulan November 2022 di Nusa Dua Bali yang merupakan agenda utama perwujudan Green Energy di Dunia. Nilai investasi untuk membangun PLTS Terapung diperkirakan mencapai US$ 1,3 miliar untuk lima tahun ke depan.


[-]

-

Terbesar! RI Punya Potensi PLTS Terapung 14.700 Mega Watt
(haa/haa)
Sumber: https://www.cnbcindonesia.com/news/20240529141726-4-542131/dirjen-ebtke-ungkap-ada-potensi-plts-terapung-baru-di-laut-cilamaya
Tokoh

Graph

Extracted

ministries Kementerian ESDM,
topics Listrik,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta, JAWA BARAT,
cities Shanghai,