Lewat Program Zakat Produktif Dompet Dhuafa, Kandang Maggotin Lampung Panen Ratusan Kg Lele

  • 28 Mei 2024 18:02:17
  • Views: 4

KOMPAS.com - Dompet Dhuafa Lampung menginisiasi program lingkungan Maggotin terhubung dengan kolam lele.

Program Maggotin mengintegrasikan pemanfaatan sampah untuk pakan maggot, kemudian maggot digunakan untuk pakan lele dan unggas. 

Budi daya berkonsep integrasi tersebut membuahkan hasil karena panen lele pada Jumat (17/05/2024) berhasil mencapai ratusan kilogram (kg). 

Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Lampung Yogi Achmad Fajar menyebutkan, program tersebut merupakan wujud komitmen Dompet Dhuafa dalam pengentasan berbagai permasalahan di masyarakat. 

"Program ini bukti nyata untuk pengelolaan zakat produktif dari para donatur. Harapannya terus dapat menebar lebih banyak manfaat," ucapnya dalam siaran pers, Selasa (28/5/2024). 

Baca juga: Entaskan Defisit Protein Hewani Daerah Pelosok, Dompet Dhuafa Kenalkan Program Tebar Hewan Kurban di Kurbanaval Goes To Hypermart

Yogi pun berterima kasih atas kebaikan para donatur sehingga program Maggotin berdampak pada lingkungan dan memiliki nilai ekonomi bagi para penerima manfaat, termasuk program budi daya lele yang menjadi salah satu turunannya.

Atas keberhasilan panen tersebut, empat warga Lampung Selatan, yakni Paiman, Rebo, Febri dan Budi mengungkapkan rasa sangat gembiranya.

Pasalnya, kolam lele yang dipanen ini berada di bawah kandang Maggotin tersebut berhasil menekan biaya produksi.

Paiman mengatakan, lele yang dipanen berumur sekitar tiga hingga empat bulan. Lele ini diberi pakan campuran maggot dan pur ikan sehingga menekan biaya operasional pakan lele. 

Penen di kolam tersebut merupakan tahap ketiga setelah dua kali dilakukan dalam beberapa waktu dekat ini. 

Baca juga: Jadi Perantara Kebaikan, Dompet Dhuafa Siap Terima Hibah dari NAMA Foundation untuk Kaum Dhuafa

Paiman menyebutkan, ia bersama tiga kawannya berhasil mengangkat lele dari kolam sebanyak lebih dari 50 kg. 

"Kemarin sempat panen beberapa kali. Hari ini sekitar 50 kg. Kalau ditotal ada 150-an kg dari awal," ujarnya. 

Dana zakat, infak, sedekah, serta tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) dari PT Bukit Asam itu memberikan dampak positif bagi para penerima manfaat. 

Paiman yang menjadi salah satu penerima manfaatnya sangat bersyukur atas bantuan-bantuan yang telah diberikan. 

"Senang sekali hari ini bisa panen lagi. Terima kasih Dompet Dhuafa, Bukit Asam, dan donatur lainnya. Ke depannya terus semangat sehingga bisa panen lebih banyak dari hari ini," ucapnya.

Baca juga: Lewat Pesantren Gemilang, Dompet Dhuafa Ajak Donatur Lansia Jalin Silaturahmi dan Saling Memotivasi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Sumber: https://nasional.kompas.com/read/2024/05/28/18021771/lewat-program-zakat-produktif-dompet-dhuafa-kandang-maggotin-lampung-panen
Tokoh

Graph

Extracted

companies Dana, Dompet Dhuafa, WhatsApp,
bumns PT Bukit Asam,
events Zakat Fitrah,
fasums Hypermart,
products Hewan kurban, protein,
places LAMPUNG,