Bahas Misi Israel di Rafah, Uni Eropa Kritik Netanyahu

  • 29 Mei 2024 02:14:42
  • Views: 6

Syafira | Rabu, 29/05/2024 02:02 WIB

Kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Josep Borrell menghadiri konferensi pers di Quai dOrsay di Paris, Prancis, 15 April 2024. REUTERS

BRUSSELS - Uni Eropa pada Senin bertujuan untuk menyetujui secara prinsip untuk terus melanjutkan misi perbatasan UE di Rafah, sebuah kota di Jalur Gaza selatan yang berbatasan dengan Mesir, kata kepala kebijakan luar negeri blok tersebut Josep Borrell.

Berbicara sebelum pertemuan bulanan para menteri luar negeri Uni Eropa, Borrell juga menuduh Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menggunakan klaim palsu antisemitisme terhadap Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) untuk tujuan politiknya sendiri.

Blok tersebut sedang mempertimbangkan untuk menghidupkan kembali Misi Bantuan Perbatasan Uni Eropa (EUBAM) Rafah, yang belum beroperasi sejak 2007, ketika kelompok militan Islam Palestina Hamas menguasai penuh Gaza.

Penyeberangan Rafah adalah pintu masuk utama bantuan dari Mesir, dan telah ditutup sejak pasukan Israel mengambil kendali dari pihak Gaza hampir tiga minggu lalu.

“Hari ini kita dapat mengambil keputusan politik dan kemudian perlu dilaksanakan secara teknis,” kata Borrell kepada wartawan, seraya menambahkan bahwa keputusan tersebut memerlukan persetujuan dari Israel, Mesir dan Palestina.

Misi sipil ini memerlukan persetujuan bulat dari 27 negara anggota UE. Belum jelas apa peran EUBAM yang dihidupkan kembali, dan hal ini harus disesuaikan untuk mencerminkan potensi bahaya dari operasi semacam itu.

Menteri Luar Negeri Austria Alexander Schallenberg mengatakan akan memakan waktu lama untuk mengambil keputusan mengenai misi tersebut. Para diplomat mengatakan misi tersebut tidak mungkin dilakukan sebelum permusuhan di Rafah berhenti.

“Israel belum mengkonsolidasikan rencana ‘sehari setelahnya’ untuk Gaza, jadi tidak ada posisi formal mengenai inisiatif ini,” kata seorang pejabat Israel, yang berbicara kepada Reuters tanpa menyebut nama, mengingat sensitivitas perencanaan perang.

“Tetapi perlu diingat bahwa menteri pertahanan (Israel), dalam proposalnya pada tanggal 4 Januari, menguraikan kekuatan multinasional yang akan menjadi salah satu dari empat cabang untuk mengelola Gaza setelah Hamas dikalahkan. Misi Uni Eropa di Rafah berpotensi sejalan dengan rencana tersebut. itu," pejabat itu menambahkan.

Dua pengadilan internasional, keduanya berbasis di Den Haag, telah mencapai keputusan yang ditentang oleh Israel dalam beberapa pekan terakhir.

Jaksa ICC mengatakan dia mengupayakan penangkapan Netanyahu dan menteri pertahanan Israel serta para pemimpin Hamas atas dugaan kejahatan perang, sementara Mahkamah Internasional (ICJ), yang mengadili perselisihan antar negara, memerintahkan Israel untuk menghentikan serangannya terhadap Rafah.

Israel mengecam ICC sebagai pengadilan nakal dan meminta sekutunya untuk menolaknya. Ia juga mengatakan serangannya terhadap Rafah tidak perlu dihentikan sesuai dengan keputusan ICJ karena serangan tersebut tidak menimbulkan ancaman yang melanggar hukum terhadap warga sipil.

Serangan udara Israel menewaskan sedikitnya 35 warga Palestina dan melukai puluhan lainnya di daerah Rafah pada hari Senin dan Borrell menuduh Israel terus melanjutkan aksi militer di Gaza selatan meskipun ada keputusan ICJ.

Borrell mengecam Netanyahu atas pelabelannya terhadap keputusan Ketua Jaksa ICC Karim Khan yang meminta surat perintah penangkapan terhadap dia dan menteri pertahanannya sebagai bukti "antisemitisme baru".

Borrell menggambarkan komentar tersebut sebagai intimidasi, dan mengatakan bahwa tuduhan antisemitisme dilontarkan setiap kali ada orang yang "melakukan sesuatu yang tidak disukai Netanyahu".

KEYWORD :

Israel Palestina Genocida Gaza Pengadilan Dunia


Sumber: https://www.jurnas.com/artikel/156355/Bahas-Misi-Israel-di-Rafah-Uni-Eropa-Kritik-Netanyahu/
Tokoh



Graph

Extracted

persons Benjamin Netanyahu,
companies Reuters,
institutions Pengadilan Kriminal Internasional (ICC),
religions Islam,
nations Austria, Israel, Jalur Gaza, Mesir, Palestina, Prancis, Uni Eropa,
cities Paris,
musicclubs APRIL,