Disebut Sering Meresahkan Masyarakat, Ini Dia Lokasi Yang Sering Didatangi DC Lapangan Pinjol

  • 28 Mei 2024 21:24:35
  • Views: 6

Abadikini.com, JAKARTA – Debt Collector (DC) atau biasa disebut penagih lapangan dari pinjaman online (pinjol) sering meresahkan masyarakat saat melakukan kunjungan ke rumah nasabah saat menagih.

Disamping itu DC pinjol kerap kali melakukan teror agar para nasabah melunasi pinjamannya segera.

Lebih buruk lagi, pinjol sering kali digunakan sebagai sarana penipuan. Modus operasi ini umumnya melibatkan seseorang yang meminjam uang lewat pinjol menggunakan alamat dan nomor rekening orang lain.

Terdapat beberapa titik lokasi yang memang sering didatangi oleh DC pinjol. Mereka biasanya datang dengan alasan lokasi salah kirim.

Misalnya, uang yang diberikan pihak pinjol kepada korban akan diminta kembali. Namun, karena KTP, rekening, dan alamat tercatat atas nama korban, maka korban yang harus melunasi pinjaman tersebut.

Melansir Okezone Selasa (28/5/2024). Berikut lokasi yang sering dikunjungi debt collector (DC) pinjaman online.

1. Wilayah Jabodetabek

Lokasi strategis seperti Jabodetabek menjadi tempat maraknya pinjaman online. Perusahaan pinjol gencar mempromosikan layanannya di wilayah ini.

2. Jawa Barat

Jawa Barat dikenal sebagai provinsi dengan jumlah pengguna pinjaman online terbesar. Sekitar 28,7% pengguna pinjol berasal dari provinsi ini, sehingga DC pinjol paling banyak tersebar di kota-kota Jawa Barat.

3. Jawa Tengah

Tingkat kemiskinan yang tinggi di Jawa Tengah membuat layanan pinjaman online populer. Akibatnya, banyak debt collector pinjol beroperasi di sini. Sekitar 12,46% DC pinjol di Indonesia berada di provinsi Jawa Tengah.

4. Jawa Timur

Sebanyak 13,36% DC pinjol beroperasi di Jawa Timur. Jawa Timur menjadi provinsi yang juga memiliki angka kemiskinan tinggi, hal ini membuat pinjaman online dan aktivitas debt collector (DC) pinjol merebak di wilayah ini.


Sumber: https://www.abadikini.com/2024/05/28/disebut-sering-meresahkan-masyarakat-ini-dia-lokasi-yang-sering-didatangi-dc-lapangan-pinjol/
Tokoh

Graph

Extracted

products KTP, Pinjol,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta, JAWA BARAT, JAWA TENGAH, JAWA TIMUR,
cities Jabodetabek,
cases teror,