Danau Diateh Kabupaten Solok Masuk 50 Besar Anugerah Desa Wisata Indonesia 2024

  • 28 Mei 2024 17:35:14
  • Views: 9

RADARBANGSA.COM - Desa Wisata Danau Diateh (Danau Diatas) Alahan Panjang, Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, Sumatera Barat masuk dalam 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2024. 

"Alhamdulillah Desa Wisata Danau Diateh Alahan Panjang masuk dalam 50 besar. Bahkan berada pada posisi ke dua di Sumatera Barat," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Solok Armen, Selasa, 28 Mei 2024.

Selain itu, terdapat tiga daerah di Sumatera Barat yang berhasil masuk 50 besar ADWI pada tahun 2024 ini, yakni pertama Kabupaten Pesisir Selatan (Desa Wisata Ekowisata Berbasis PRB Nagari Amping Parak), kedua Kabupaten Solok (Desa Wisata Danau Diateh Alahan Panjang), dan ketiga Kabupaten Agam (Desa Wisata Pesona Pagadih).

Armen menjelaskan, Anugerah Desa Wisata merupakan ajang bergengsi yang bertujuan untuk meningkatkan perekonomian desa melalui pariwisata dan mempromosikan potensi desa-desa wisata di Indonesia baik kepada wisatawan domestik maupun mancanegara.

"Ini merupakan kebanggaan bagi kita Kabupaten Solok, karena untuk pertama kalinya Kabupaten Solok masuk ke dalam nominasi Anugerah Desa Wisata Indonesia," ujar Armen.

Selain itu, Armen juga mengatakan pada tahun 2024 ini Festival Lima Danau juga masuk kalender event nasional. Menurut Armen, dibalik sederet prestasi yang telah diraih, ini membuktikan tujuan membangkitkan batang terendam menjadikan Kabupaten Solok terbaik di Sumatera Barat semakin terwujud.

"Alhamdulillah, ini kabar gembira yang patut kita syukuri. Desa wisata di Alahan Panjang yang masuk dalam nominasi membuktikan bahwa desa tersebut memiliki daya tarik, keunikan, sekaligus potensi," ucap dia.

Sebagaimana diketahui, Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2024 yang digelar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) telah memasuki babak 50 besar.

Pada tahapan selanjutnya, Armen berharap desa wisata yang masuk nominasi 50 besar tersebut sehingga semakin mampu meningkatkan daya ungkit bagi ekonomi desa di Kabupaten Solok. Selain itu, Anugerah Desa Wisata Indonesia 2024 kali ini mengusung tema tentang Desa Wisata Menuju Pariwisata Hijau Berkelas Dunia. 


Sumber: https://www.radarbangsa.com/news/49009/danau-diateh-kabupaten-solok-masuk-50-besar-anugerah-desa-wisata-indonesia-2024
Tokoh

Graph

Extracted

ministries kemenparekraf,
nations Indonesia,
places SUMATERA BARAT,
cities Batang, Pesisir Selatan, Solok,