Jokowi Terima Sekjen OECD di Istana Bogor Hari Ini, Selasa 28 Mei 2024

  • 28 Mei 2024 10:53:45
  • Views: 6

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyambut baik keputusan 38 negara menerima Indonesia menjadi anggota Organization for Economic Cooperation and Development (OECD). Menurut dia, masuknya Indonesia ke organisasi negara maju akan memudahkan akses investasi.

"Pemerintah sangat mengapresiasi atas telah diterimannya Indonesia sebagai anggota OECD. Ini penting sekali karena ini organisasi untuk megara maju," kata Jokowi di Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara, Kamis (14/5/2024).

"Kita harapkan dengan kita masuk ke sana, akan mudah mengakses ke investasi, mudah mengakses ke lembaga internasional yang bermanfaat bagi masyarakat kita," sambungnya.

Dia menyebut keanggotaan di OECD akan memberikan manfaat yang konkret bagi Indonesia, khususnya untuk keluar dari negara pendapatan menengah atau middle income trap. Dengan begitu, Indonesia bisa melompat menjadi negara maju.

"OECD akan memberikan manfaat yang konkret bagi kita terutama agar kita tak terjebak ke dalam middle income trap dan kita bisa melompat menjadi negara maju karena memang di sana aturan mainnya banyak sekali yang harus kita ikuti," tutur dia.

"Dan ini akan mendisiplinkan kita untuk bisa masuk ke tujuan kita untuk menjadi negara maju," imbuh Jokowi.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mewakili Indonesia berbicara dalam Pertemuan Tingkat Menteri Anggota OECD di Paris, Prancis.

Airlangga menuturkan, menjadi sebuah kebanggaan Indonesia mendapatkan kesempatan untuk menjadi yang pertama menyampaikan pandangannya di organisasi multilateral OECD ini.


Sumber: https://www.liputan6.com/news/read/5605913/jokowi-terima-sekjen-oecd-di-istana-bogor-hari-ini-selasa-28-mei-2024
Tokoh





Graph

Extracted

persons Airlangga Hartarto, Joko Widodo,
organizations OECD,
fasums Istana Bogor,
nations Indonesia, Prancis,
places JAWA BARAT, SULAWESI TENGGARA,
cities Bogor, Konawe, Paris,