Presiden Peru Dituduh Terima Suap Jam Tangan Rolex

  • 28 Mei 2024 11:56:57
  • Views: 6

Jakarta -

Jaksa Agung Peru menuduh Presiden Peru Dina Boluarte menerima suap dalam bentuk jam tangan mewah Rolex, sebuah skandal korupsi terbaru yang mengguncang pemerintahannya yang tidak populer.

Dilansir kantor berita AFP, Selasa (28/5/2024), Jaksa Agung Juan Carlos Villena mengatakan, menerima barang mewah dari gubernur sama saja dengan menerima suap.

Villena "mengajukan pengaduan konstitusional terhadap Dina Boluarte sebagai tersangka pelaku korupsi pasif," kata kantornya dalam postingan di X, sebelumnya Twitter.

-

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Skandal ini meletus pada bulan Maret lalu dengan ditemukannya sejumlah jam Rolex dan perhiasan milik presiden yang tidak diumumkan.

Boluarte mengatakan kepada jaksa bulan lalu bahwa jam tangan Rolex tersebut dipinjamkan oleh temannya, gubernur wilayah Ayacucho, Wilfredo Oscorima. Presiden perempuan itu sedang diselidiki atas dugaan "korupsi pasif" karena menerima keuntungan yang tidak pantas dari pejabat publik.

Tuduhan Jaksa Agung yang diajukan ke Kongres pada Senin (27/5) waktu setempat tersebut, tidak bisa dianggap sebagai dakwaan karena presiden mempunyai kekebalan saat berkuasa.

Komite Kongres sekarang harus memperdebatkan tuduhan tersebut sebelum seluruh anggota parlemen melakukan hal yang sama. Pada akhirnya, pengadilanlah yang akan memutuskan apakah akan mengadilinya setelah masa jabatannya berakhir pada Juli 2026.


Sumber: https://news.detik.com/internasional/d-7361172/presiden-peru-dituduh-terima-suap-jam-tangan-rolex
Tokoh

Graph

Extracted

companies Twitter,
ministries Jaksa Agung,
nations Peru,
places DKI Jakarta,
cases korupsi,
brands Rolex,