Rusia Undang Taliban ke Forum Ekonomi St Petersburg, sudah Dihapus dari Organisasi Teroris?

  • 28 Mei 2024 10:35:45
  • Views: 8

MOSKOW, iNews.id - Rusia mengundang perwakilan Taliban Afghanistan ke Forum Ekonomi Internasional St Petersburg yang akan digelar pada akhir pekan depan. Undangan tersebut diberikan Rusia kepada Taliban seiring dengan upaya Moskow untuk menghapus gerakan Islam itu dari daftar organisasi terlarangnya.

Taliban merebut kekuasaan di Afghanistan pada Agustus 2021, ketika pasukan asing pimpinan AS menarik diri dari negeri Asia Tengah itu setelah menjalani perang selama 20 tahun. Sejak itu, Rusia perlahan-lahan membangun hubungan dengan Taliban, meski gerakan tersebut secara resmi masih dilarang di Rusia.

Baca Juga

Rusia Ingin Hapus Taliban Afghanistan dari Daftar Organisasi Teroris

Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Kehakiman Rusia telah melaporkan kepada Presiden Vladimir Putin mengenai pencabutan status Taliban sebagai organisasi terlarang tersebut. Hal itu diungkapkan oleh Direktur Departemen Asia II di Kementerian Luar Negeri Rusia, Zamir Kabulov, kepada kantor berita TASS, hari ini.

Dia mengatakan, undangan untuk menghadiri Forum Ekonomi Internasional St Petersburg pada 5-8 Juni telah disampaikan kepada Taliban. Menurut dia, para pemimpin Afghanistan menunjukkan ketertarikan mereka untuk membeli produk minyak Rusia.

Baca Juga

Drone AS Diduga Langgar Wilayah Afghanistan, Taliban Sentil Negara Tetangga

Forum St Petersburg adalah forum ekonomi tahunan terbesar Rusia dan pernah menjadi tuan rumah bagi para CEO dan bankir investasi Barat dari London hingga New York. Forum itu kini telah berubah secara signifikan di tengah berkecamuknya perang Ukraina. Konflik itu telah memicu krisis terbesar dalam hubungan Rusia dengan Barat sejak Krisis Rudal Kuba 1962.

Para investor Barat yang mencari sebagian dari kekayaan sumber daya Rusia yang melimpah kini telah digantikan oleh perusahaan-perusahaan dari China, India, Afrika, dan Timur Tengah.

Baca Juga

Kazakhstan Cabut Taliban dari Daftar Organisasi Teroris, Rusia Sambut Positif

Taliban muncul pada 1994 di sekitar Kota Kandahar, Afghanistan Selatan. Faksi tersebut adalah salah satu faksi yang berperang dalam perang saudara untuk menguasai negara setelah keluarnya Uni Soviet dan runtuhnya pemerintahan.

Awalnya, organisasi ini beranggotakan para pejuang atau mujahidin yang mendapat dukungan Amerika Serikat untuk memukul mundur pasukan Uni Soviet pada dekade 1980-an. Pada 2003, Rusia secara resmi menyebut Taliban sebagai organisasi teroris, meski Moskow memiliki kontak informal secara berkala dengan gerakan tersebut.

Editor : Ahmad Islamy Jamil


Sumber: https://www.inews.id/news/internasional/rusia-undang-taliban-ke-forum-ekonomi-st-petersburg-sudah-dihapus-dari-organisasi-teroris
Tokoh



Graph