3 Penyakit yang Kerap Diderita Jamaah Haji, Bisa Sebabkan Meninggal!

  • 27 Mei 2024 06:49:58
  • Views: 8

PIKIRAN RAKYAT - Di musim haji kali ini, jamaah diimbau untuk bisa menjaga kesehatan saat beribadah di Tanah Suci agar bisapulang kembali ke tanah Air dengan keadaan sehat.

Selain itu, ada imbauan dari Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) untuk oara jamaah agar tida memaksakan diri beribadah saat tubuh sudah tak mampu, karena penyakit bisa datang kapan saja.

Sementara itu, diketahui kini bahwa ada tiga penyakit yang kerap dirasakan oleh para jamaah haji, dan parahnya penyakit ini bisa menyebabkan penderitanya meninggal.

Lalu apa saja penyakit yang kerap diderita jamaah haji saat berubadah di Tanah Suci, khusunya untuk para lansia.

Baca Juga: 432 Calon Haji Asal Cimahi Dilepas ke Tanah Suci, Pj Wali Kota Titip Pesan ke Jemaah

Ternyata penyakit yang kerap dirasakan oleh para jamaah haji saat beribadah yakni di antaranya;

Pneumonia Jatung Diabetes

Kepala Seksi Kesehatan Daker Makkah KKHI, Nurul Jamal menyebut ketiga penyakit tersebut  yang banyak dialami oleh 30 jamaah haji Indonesia, sejak 15 Mei 2024.

Sementara itu, dari 30 orang yang dirawat, Dari data Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) menunjukkan sebanyak  15 jamaah wafat di tanah suci.

Baca Juga: Ditinggal Wafat Istri Sesaat Setelah Tiba di Arab Saudi, Endang Kepala SMPN 1 Pangandaran Tegar Beribadah Haji

Dari 15 orang meninggal yang rata-ratanya adalah lansia ini mengidap penyakit jantung

Maka dari itu, kini promosi kesehatan menjadi yang paling utama untuknpara calon jamaah haji. 

“Masuk ke kloter-kloter, bicara bagaimana jamaah haji membatasi aktivitas agar tidak kelelahan,” ungkap Jamal.

Sementara itu, langkah mendekatkan layanan kesehatan pada para jamaah yakni poliklinik bagi risti di sektor-sektor juga penting untuk dilakukan.

Baca Juga: Wujudkan Layanan Haji Ramah Lansia

Jamal mengimbau para calon jamaah yang amsih ada di waiting list di masa untuk bisa lebih menjaga kondisi fisik menjelang puncak haji.

"Haji adalah Armuzna. Persiapkan kesehatan sebelum ke Arafah, jangan beraktivitas berlebihan. Patuhi imbauan petugas kesehatan," kata Jamal.***


Sumber: https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-018133832/3-penyakit-yang-kerap-diderita-jamaah-haji-bisa-sebabkan-meninggal?page=all
Tokoh

Graph

Extracted

topics diabetes, haji, penyakit jantung,
nations Arab Saudi, Indonesia,
places JAWA BARAT,
cities Cimahi,