Badan Pengungsi PBB Perkirakan Korban Tewas Tanah Longsor Papua Menjadi 670 Orang

  • 27 Mei 2024 04:58:02
  • Views: 7

Syafira | Senin, 27/05/2024 07:35 WIB

Pemandangan akibat bencana tanah longsor di Papua Nugini, 24 Mei 2024. Emmanuel Eralia melalui REUTERS

SYDNEY - Lebih dari 670 orang diperkirakan tewas akibat tanah longsor besar di Papua Nugini, menurut perkiraan badan migrasi PBB pada Minggu ketika upaya penyelamatan terus berlanjut.

Media di negara Pasifik Selatan di utara Australia sebelumnya memperkirakan tanah longsor pada hari Jumat telah mengubur lebih dari 300 orang. Namun lebih dari 48 jam kemudian, Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM) mengatakan jumlah korban tewas mungkin lebih dari dua kali lipatnya, karena tingkat kehancuran masih belum jelas dan kondisi berbahaya yang terus berlanjut di lapangan menghambat upaya bantuan dan penyelamatan.

Sejauh ini hanya lima jenazah yang berhasil diangkat dari reruntuhan.
Badan tersebut mendasarkan perkiraan jumlah korban tewas pada informasi yang diberikan oleh para pejabat di Desa Yambali di provinsi Enga, yang mengatakan lebih dari 150 rumah terkubur akibat tanah longsor pada hari Jumat, Serhan Aktoprak, kepala misi badan tersebut di Papua Nugini mengatakan dalam sebuah pernyataan email.

“Tanah masih longsor, bebatuan berjatuhan, tanah retak karena tekanan yang terus meningkat dan air tanah mengalir sehingga kawasan tersebut menimbulkan risiko ekstrem bagi semua orang,” kata Aktoprak.

Lebih dari 250 rumah di dekatnya telah ditinggalkan oleh penduduk, yang berlindung sementara bersama kerabat dan teman mereka, dan sekitar 1.250 orang telah mengungsi, kata badan tersebut.

“Orang-orang menggunakan tongkat penggali, sekop, dan garpu pertanian besar untuk mengeluarkan jenazah yang terkubur di bawah tanah,” kata Aktoprak.

IOM mengatakan sebuah sekolah dasar, usaha kecil dan warung, wisma, dan pompa bensin juga terkubur.

Kantor PBB di Papua Nugini mengatakan lima jenazah diambil dari daerah di mana 50 hingga 60 rumah telah hancur, dan sejumlah orang terluka dilaporkan, termasuk sedikitnya 20 wanita dan anak-anak.

IOM mengatakan masyarakat di desa ini relatif muda dan dikhawatirkan bahwa korban jiwa terbanyak adalah anak-anak berusia 15 tahun ke bawah.

Rekaman media sosial yang diposting oleh penduduk desa dan tim media lokal menunjukkan orang-orang memanjat batu, menumbangkan pohon, dan gundukan tanah untuk mencari korban. Wanita terdengar menangis di latar belakang.

Tanah longsor melanda bagian jalan raya dekat tambang emas Porgera, yang dioperasikan oleh Barrick Gold (ABX.TO), membuka tab baru melalui Barrick Niugini Ltd, perusahaan patungannya dengan Zijin Mining China (601899.SS), membuka tab baru.

Jalan Raya Porgera masih diblokir, kata IOM, dan satu-satunya cara untuk mencapai Tambang Emas Porgera dan daerah lain yang terputus dari seluruh Provinsi Enga adalah melalui helikopter.

Keterpencilan geografis dan medan yang sulit dan berbukit memperlambat upaya penyelamatan dan bantuan.

Pemerintah dan tim teknik Angkatan Pertahanan PNG sudah berada di lapangan saat ini, namun alat berat seperti ekskavator, yang diperlukan untuk penyelamatan, belum mencapai desa tersebut. IOM mengatakan masyarakat tidak boleh mengizinkan penggunaan ekskavator sampai mereka menganggap bahwa mereka telah memenuhi kewajiban berkabung dan berduka.

“Masyarakat mulai menyadari kenyataan bahwa orang-orang yang berada di bawah reruntuhan kini sudah hilang,” kata IOM dalam pembaruan status sebelumnya melalui email.

Pemerintah berencana untuk mendirikan dua pusat perawatan/evakuasi, masing-masing di satu sisi daerah yang terkena dampak tanah longsor untuk menampung para pengungsi yang mungkin membutuhkan perlindungan.

Konvoi kemanusiaan telah mulai mendistribusikan air kemasan, makanan, pakaian, perlengkapan kebersihan, peralatan dapur, terpal, serta alat pelindung diri.

Kelompok bantuan CARE Australia mengatakan pada Sabtu malam bahwa hampir 4.000 orang tinggal di zona dampak tetapi jumlah yang terkena dampak mungkin lebih tinggi karena daerah tersebut adalah “tempat perlindungan bagi mereka yang kehilangan tempat tinggal akibat konflik” di daerah terdekat.

Setidaknya 26 pria tewas di Provinsi Enga pada bulan Februari dalam sebuah penyergapan di tengah kekerasan suku yang mendorong Perdana Menteri James Marape memberikan wewenang penangkapan kepada militer negara tersebut.

Tanah longsor meninggalkan puing-puing sedalam 8 meter (25 kaki) di area seluas 200 km persegi (80 mil persegi), memutus akses jalan dan menyulitkan upaya bantuan, kata CARE.

Marape mengatakan para pejabat bencana, Angkatan Pertahanan dan Departemen Pekerjaan dan Jalan Raya membantu upaya bantuan dan pemulihan.

KEYWORD :

Papua Nugini Tanah Longsor Tertimbun


Sumber: https://www.jurnas.com/artikel/156250/Badan-Pengungsi-PBB-Perkirakan-Korban-Tewas-Tanah-Longsor-Papua-Menjadi-670-Orang/
Tokoh

Graph

Extracted

companies Reuters,
parties PBB,
topics longsor,
products emas,
nations Australia, Papua Nugini, Republik Rakyat Cina,
places PAPUA, Sumatera Utara,
cities Sydney,