Posisi Politik PDIP Selalu Diputuskan dalam Kongres Partai

  • 26 Mei 2024 21:50:36
  • Views: 6

Jakarta -

Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengatakan sikap politik partainya biasanya akan disampaikan dalam kongres partai. Megawati menyebut rakyat Indonesia sebenarnya sudah mengetahui sifat yang akan diambil PDI Perjuangan.

"Posisi politik PDI Perjuangan terhadap pemerintahan yang akan datang, merupakan sebuah hal yang bersifat strategis, dan selama ini selalu diputuskan di dalam Kongres Partai," kata Megawati dalam pidato politiknya di Rekernas ke-V, Ancol, Jakarta, Minggu (26/5/2024).

Megawati mengatakan PDI memiliki karakter pejuang. Ia menyebut partainya tak akan pernah padam mesti didera berbagai tekanan.

-

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Namun rakyat sebenarnya sudah memahami DNA PDI Perjuangan. Kita adalah pejuang demokrasi. Karakter pejuang ditandai oleh api perjuangan yang selalu menyala tak kunjung padam, meski di tengah tekanan dan kepungan," kata Megawati.

"Kuncinya terletak pada kesatu-paduan dengan rakyat, bonding, bonding, bonding. Rakyat tentu akan menanti untuk bisa mendapatkan pencerahan persoalannya apakah ke depan ini akan cerah atau mendung," sambungnya.

Kongres PDIP digelar 2025

Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Ahmad Basarah menyampaikan agenda kongres partainya yang dilakukan tiap lima tahun direncanakan tak digelar tahun ini. Basarah mengatakan kongres yang berisi konsolidasi agenda nasional bangsa itu baru akan digelar pada 2025.

"Untuk kebutuhan konsolidasi pemantapan organisasi partai menyukseskan agenda-agenda nasional bangsa itu, maka kongres akan diputuskan dikembalikan dalam siklus 5 tahunan, nanti 2025 yang akan datang," kata Basarah dalam konferensi pers di Beach City International Stadium, Jakarta Utara, Jumat (24/5).

Basarah mengatakan PDIP telah melangsungkan kongres ke-V di 2019. Semestinya kongres selanjutnya digelar pada 2024, tetapi pada tahun yang sama dilaksanakan pemilu serentak.

"Kita juga akan melakukan konsolidasi organisasi partai, dengan mengembalikan siklus kongres kembali ke tahun 2025," ujar Basarah.

"Karena kebetulan jadwal kongres dilaksanakan pada tahun 2019, tetapi karena agenda-agenda nasional lainnya termasuk pelaksanaan Pilpres dan Pileg kemarin, dan November nanti kita akan melaksanakan Pilkada serentak," sambungnya.

(dwr/azh)
Sumber: https://news.detik.com/pemilu/d-7358817/megawati-posisi-politik-pdip-selalu-diputuskan-dalam-kongres-partai
Tokoh





Graph

Extracted

persons Ahmad Basarah, Megawati Soekarnoputri,
organizations API,
parties PDIP,
events Pilkada Serentak,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta,
cities Ancol,