Sama-sama Dapat Kuota Besar Seleksi CASN 2024, Ini Perbedaan ASN Pusat dan Daerah

  • 25 Mei 2024 23:06:45
  • Views: 7

FAJAR.CO.ID,JAKARTA — Pemerintah membuka kuota besar-besaran pada seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2024. Ada jutaan formasi yang bakal dibuka.

Sampai saat ini, ada 1,2 juta formasi CASN tahun 2024 yang dikonfirmasi dibuka. Jumlah ini lebih sedikit dari sebelumnya yang diungkapkan pemerintah, yang bakal membuka 2,3 juta formasi ASN tahun ini.

Di antara 1,2 juta itu. Sejumlah 427.650 formasi untuk instansi pusat, dan 862.174 formasi unuk instansi daerah. Terbagi antara Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). 

Apa bedanya ASN instansi pusat dan daerah? Simak artikel ini hingga selesai.

Pada dasarnya, ASN pusat dan daerah sama saja. Yakni sama-sama aparat negara. Namun ada perbedaan-perbedaan tertentu.

PNS pusat merupakan PNS yang dibiayai APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara). Mereka berada di bawah naungan instansi Kementerian/Badan/Lembaga serta dipimpin langsung oleh menteri atau pimpinan lembaga. 

Dengan kata lain, wilayah kerja PNS Pusat meliputi seluruh wilayah Indonesia dengan satuan kerja Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang berada di daerah. PNS Pusat disebut juga sebagai PNS vertikal, yakni PNS yang kebijakan instansinya langsung dikendalikan dari pusat.

Lalu bagaimana dengan ASN Daerah? 

Ia dibiayai oleh APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) pemerintah daerah, baik provinsi, kota atau kabupaten dan dipimpin oleh gubernur, walikota atau bupati. Cakupan wilayah kerja dari PNS daerah hanya sebatas di wilayah pemerintah daerahnya saja.

ASN daerah bisa dibedakan dari instansi yang menaunginya. ASN daerah berada di bawah naungan kepala daerah Pemerintah Provinsi/Pemerintah Kota/Pemerintah Kabupaten serta dibiayai menggunakan APBD.

Wilayah kerja PNS Daerah lebih terbatas dan hanya pada wilayah daerahnya saja. Sementara kebijakan yang ditetapkan pada PNS daerah hanya berlaku pada wilayah daerah sesuai dengan otonomi daerahnya

(Arya/Fajar)


Sumber: https://fajar.co.id/2024/05/25/sama-sama-dapat-kuota-besar-seleksi-casn-2024-ini-perbedaan-asn-pusat-dan-daerah/?page=all
Tokoh

Graph

Extracted

ministries ASN,
topics APBN,
products PPPK,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta,