Wanita Korban Pohon Tumbang di Tebet Eco Park Alami Cedera Punggung

  • 25 Mei 2024 16:34:31
  • Views: 8

Jakarta -

Seorang pengunjung tertimpa pohon yang tumbang di kawasan Tebet Eco Park, Jakarta Selatan. Korban pun langsung dilarikan ke rumah sakit dan mengalami cedera punggung.

"Korban dalam keadaan sadar dan segera dibawa ke RS oleh petugas Tebet Eco Park setelah kejadian. Korban mengalami cedera punggung dan masih menunggu hasil dari radiolog," kata Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota (Distamhut) DKI Bayu Meghantara saat dihubungi detikcom, Sabtu (25/5/2024).

Bayu memastikan Pemprov DKI menanggung biaya pengobatan korban melalui asuransi pohon tumbang.

-

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Iya, Mbak, via asuransi pohon," ujarnya.

Di sisi lain, Bayu mengatakan pihaknya akan melakukan pengecekan kondisi kesehatan pohon secara reguler. Tak hanya itu, pemangkasan rutin pohon juga dilakukan oleh personel Dinas Pertamanan dan Hutan Kota.

"Kami akan melakukan pengecekan kondisi kesehatan pohon secara regular, khususnya pohon tua dan rawan tumbang. Selain itu, pemangkasan rutin dilakukan oleh petugas Dinas maupun Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota," ungkapnya.

Dari kejadian itu, Bayu mengimbau warga yang sedang berada di Tebet Eco Park ataupun ruang terbuka hijau lainnya melaporkan kepada petugas jika menemukan pohon yang rawan tumbang.

"Selain itu, kamimengimbau masyarakat agar bisa melaporkan kepada Petugas Dinas Pertamanan dan Hutan Kota melalui aplikasi JAKI apabila menemukan pohon yang rawan tumbang," ujarnya.

Diketahui, peristiwa pohon tumbang yang menimpa wanita berinisial NA (29) itu terjadi pada Jumat (24/5). Korban dan anaknya datang ke lokasi sekitar pukul 11.30 WIB.

Polisi mengatakan saat pukul 13.00 WIB seorang saksi di lokasi berteriak lantaran melihat pohon tumbang. Posisi pohon yang akan tumbang itu ternyata berada di dekat anak korban.

Korban lalu berlari menuju posisi anaknya tersebut. Aksi heroik itu berhasil menyelamatkan nyawa anaknya, tapi membuat tubuh korban tertimpa pohon tumbang.

(bel/taa)
Sumber: https://news.detik.com/berita/d-7357209/wanita-korban-pohon-tumbang-di-tebet-eco-park-alami-cedera-punggung
Tokoh



Graph

Extracted

persons Bayu Meghantara,
ministries Polisi,
topics pohon tumbang,
fasums RTH,
places DKI Jakarta,
cities Tebet,