Cerita Warga Wamena Rasakan Kemudahan Urus Administrasi Berkat Mobile JKN

  • 25 Mei 2024 09:01:08
  • Views: 5

Jakarta -

Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) terus memberikan layanan kesehatan kepada peserta dengan mudah, cepat, dan setara. Kini peserta JKN makin dimudahkan dengan Mobile JKN, sebuah aplikasi inovasi BPJS Kesehatan untuk mendukung kebutuhan peserta JKN di era digital.

Kemudahan penggunaan Aplikasi Mobile JKN kini telah dirasakan oleh peserta JKN di seluruh wilayah Indonesia, salah satunya Elianus Tabuni (36).

Salah satu peserta JKN segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) ini telah merasakan manfaat dari Aplikasi Mobile JKN. Ia mengaku baru saja mengenal Aplikasi Mobile JKN, setelah dijelaskan oleh Petugas Loket BPJS Kesehatan Cabang Wamena.

-

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Beberapa waktu lalu saya baru saja pindah tempat tinggal ke Wamena dan saya ingin merubah lokasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) ke Puskesmas Wamena Kota, supaya lebih dekat dengan tempat tinggal," ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis, 23 Mei 2024.

Elianus menyampaikan kemudahan yang ia rasakan saat ingin mengganti FKTP miliknya. Menurutnya, aplikasi Mobile JKN cukup mudah digunakan, hanya membutuhkan handphone Android serta akses internet.

"Ternyata sekarang untuk urus keperluan administrasi tidak perlu ke kantor BPJS Kesehatan, cukup dengan HP dan jaringan yang bagus, kita bisa akses layanan BPJS Kesehatan dari mana saja, hanya saja memang yang kadang membuat susah karena jaringan di Wamena yang belum terlalu kuat, jadi susah untuk akses internet," ungkapnya.

Elianus pun menyampaikan apresiasinya kepada BPJS Kesehatan yang sudah menghadirkan berbagai inovasi terbaru. Dirinya menilai, hal tersebut semakin memudahkan peserta dalam mengakses informasi Program JKN, serta memberikan pelayanan yang terbaik kepada seluruh peserta JKN.

"Dengan adanya BPJS Kesehatan melalui Program JKN, dapat membantu banyak orang yang kurang mampu, saya harap program baik ini bisa terus ada sehingga semakin banyak orang yang tertolong terutama dalam jaminan sosial kesehatan," imbuhnya.

Adapun berbagai fitur layanan kesehatan yang tersedia di dalam aplikasi Mobile JKN di antaranya yakni fasilitas konsultasi kesehatan online dengan dokter, informasi ketersediaan tempat tidur peserta JKN, informasi jumlah tagihan iuran peserta mandiri, riwayat pendaftaran, fitur lokasi, fitur pengaduan keluhan, riwayat pelayanan kesehatan, skrining riwayat kesehatan, hingga perubahan data peserta.

Tidak kalah penting, terdapat juga fitur kartu peserta berupa Kartu Indonesia Sehat (KIS) Digital. Kartu ini dapat digunakan sebagai pengganti kartu fisik, sehingga peserta tidak perlu lagi mencetak kartu JKN.

Sementara itu, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Wamena Freda Imbiri juga menyebutkan Aplikasi Mobile JKN dengan ragam fitur layanan kesehatan dapat mempermudah peserta JKN dalam mengakses layanan kesehatan. Menurut Freda, di era digital seperti sekarang ini, sudah seharusnya memanfaatkan teknologi melalui telepon pintar.

"Tanpa harus ke kantor, peserta JKN bisa melakukan ubah data pribadi melalui aplikasi Mobile JKN. Hanya dengan satu klik peserta dapat mengakses semua layanan administrasi melalui Aplikasi Mobile JKN, peserta tinggal mengunduhnya melalui Play Store maupun App Store," jelasnya.

Namun, di samping itu Freda menuturkan keterbatasan jaringan di Wamena cukup menyulitkan peserta untuk mengakses aplikasi Mobile JKN. Sehingga inovasi yang seharusnya dapat memudahkan peserta menjadi sulit untuk diakses karena jaringan yang kurang baik.

"Ke depannya, ketika masalah jaringan sudah teratasi, kami yakin bahwa peserta akan mulai aktif menggunakan Aplikasi Mobile JKN, ketimbang harus datang ke kantor untuk keperluan administrasi," pungkas Freda.

(anl/ega)
Sumber: https://news.detik.com/berita/d-7354525/cerita-warga-wamena-rasakan-kemudahan-urus-administrasi-berkat-mobile-jkn
Tokoh

Graph

Extracted

ministries BPJS,
products jaminan sosial,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta,
cities Wamena,