Ramaikan Java Jazz Festival 2024, Intip Keseruan di Booth KLHK Yuk!

  • 25 Mei 2024 08:24:59
  • Views: 5

Jakarta -

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) kembali memeriahkan festival musik, Jakarta International BNI Java Jazz Festival 2024. Acara ini digelar sejak Jumat (24/5) hingga Minggu (26/5) di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Kali ini, tagline yang diangkat yaitu 'Less Emission, More Jazz', dan 'Feel The Groove, Plant Mangrove'. Lewat kedua tagline tersebut, KLHK ingin mengedukasi pengunjung pentingnya upaya pelestarian lingkungan, seperti mengurangi emisi dari sektor kehutanan dan penggunaan lahan, serta upaya rehabilitasi mangrove.

Melalui ajang JJF 2024, KLHK juga mengajak masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam pengendalian perubahan iklim. Diketahui saat ini Pemerintah Indonesia tengah serius menangani isu perubahan iklim, salah satunya lewat inisiasi 'Indonesia FoLU Net-Sink 2030'.

-

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Lantas, ada apa saja ya keseruan booth KLHK di Java Jazz Festival (JJF)? Di sini, pengunjung akan diajak merasakan pengalaman pelestarian lingkungan melalui berbagai aktivitas seru. Pertama, kalkulator karbon, untuk menghitung jejak emisi harian kita.

Caranya, pengunjung tinggal memasukkan asal domisilinya dan alat transportasi yang digunakan. Aplikasi secara otomatis akan menghitung jumlah karbon yang dihasil dari 1 individu.

Selanjutnya ada aplikasi Jejakaki, yang mengajak pengunjung berjelajah taman-taman nasional yang ada di Indonesia. Lalu ada photobooth yang memungkinkan kamu untuk berfoto bersama satwa 'flagship' Nusantara dalam bentuk Augmented Reality (AR), serta hologram.

Ada 6 satwa yang ditampilkan, sebagian besar adalah satwa-satwa yang dilindungi, seperti gajah dan harimau sumatera, badak cula satu, komodo, burung julang emas, dan lainnya. Semua hewan tersebut diilustrasikan semirip mungkin dengan aslinya.

Hanna (20), salah satu pengunjung dari Cibubur mengapresiasi photobooth yang disediakan KLHK di Java Jazz tahun ini. Menurutnya, photobooth bisa membantu pengunjung dalam membayangkan bentuk asli dari satwa-satwa yang ada di Indonesia.

"Iya, karena ditampilkan juga gambarnya, jadi bisa tervisualisasi," katanya kepada tim detikcom.

Senada dengan Hanna, pengunjung lainnya menyambut baik keseruan di photobooth KLHK, karena dapat menambah wawasan tentang satwa-satwa yang dilindungi. Ini juga dinilai bisa menjadi edukasi bagi pengunjung yang datang bersama anak-anak.

"Photobooth-nya lucu. Ada virtual hewannya. Terus bisa foto sekeluarga. Nambah momen juga bareng keluarga," katanya.

Untuk semakin memeriahkan acara, KLHK juga bagi-bagi grandprize berupa trip liburan gratis ke Taman Nasional Komodo untuk bertemu langsung dengan satwa khas Indonesia. Trip ini sudah termasuk mengakomodasi biaya pesawat, kapal, dan penginapan. Asyik banget!

Nah buat kamu yang berencana berakhir pekan di Java Jazz, jangan lupa mampir ke booth KLHK. Letaknya ada di sisi kiri pintu masuk utama. Siapa tahu kamu jadi salah satu dari 3 orang yang beruntung memenangkan hadiah liburan ini.

Bagi pengunjung yang kurang beruntung mendapatkan hadiah di atas, jangan khawatir karena KLHK juga menyediakan berbagai merchandise keren dan menarik.

(prf/prf)
Sumber: https://news.detik.com/berita/d-7356676/ramaikan-java-jazz-festival-2024-intip-keseruan-di-booth-klhk-yuk
Tokoh

Graph

Extracted

bumns BNI,
products emas,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta,
cities Cibubur, Kemayoran,
animals Gajah, Harimau Sumatera,
musicclubs The Groove,