BPIP Ungkap Alasan Upacara Hari Lahir Pancasila Digelar di Blok Rokan

  • 24 Mei 2024 23:05:04
  • Views: 5

JAKARTA - Puncak Peringatan Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni 2024 akan berlangsung di Lapangan Garuda Pertamina Hulu Rokan (PHR), Riau. Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan hadir secara langsung untuk menjadi inspektur upacara.

Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) bekerja sama dengan berbagai pemangku kepentingan daerah untuk memastikan persiapan acara berjalan lancar. Kendati acara baru akan digelar pada akhir pekan depan, tim dari BPIP telah berada di Riau sejak pekan ini untuk memeriksa lokasi.

"Persiapan di lapangan sudah kita lakukan melalui kerja sama dengan Pemda dan PHR Dumai. BPIP terus mematangkan persiapan agar pelaksanaannya di Lapangan Garuda PHR Dumai bisa digunakan untuk upacara kenegaraan," kata Ketua Tim Survei Upacara Peringaran Harlah Pancasila, Sarwo Edy kepada wartawan, Jumat (24/5/2024).

Presiden Jokowi akan didampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Selain itu, ada Ketua MPR Bambang Soesatyo akan membacakan teks Pancasila.

Sementara Ketua DPR Puan Maharani akan membacakan Undang-Undang Dasar 1945. Menko PMK Muhadjir Effendy akan ditugaskan untuk memimpin pembacaan doa.

Upacara juga akan melibatkan Paskibraka tingkat nasional dan Provinsi Riau. Diperkirakan sekitar seribu peserta akan mengikuti upacara peringatan ini, termasuk anggota TNI, Polri, ASN, pegawai PT Pertamina, dan pelajar.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Edy menjelaskan bahwa pemilihan lokasi di Blok Rokan, yang kini dikelola Pertamina Hulu Rokan, bertujuan untuk menunjukkan bahwa Indonesia mampu mengelola ketahanan energinya sendiri.

"Kenapa di Dumai? Kita ketahui, Blok Rokan ini sebelumnya dikelola perusahaan asing, Chevron ya. Sejak 2021 sudah kembali ke pangkuan Ibu Pertiwi, sudah dikelola pemerintah melalui BUMN, dalam hal ini PHR. Peringatan Hari Lahir Pancasila kali ini menegaskan kepada seluruh rakyat Indonesia, bahwa dalam hal ketahanan energi kita sudah mampu," ujar Edy.

Pada 2022, peringatan Hari Lahir Pancasila diadakan di Ende, NTT. Tahun lalu, acara tersebut diselenggarakan di Lapangan Monas, Jakarta. Kemudian pada tahun ini, dengan persetujuan Presiden, peringatan akan diadakan secara meriah di Blok Rokan.

"Dengan peringatan Hari Lahir Pancasila di salah satu blok migas ini, di akhir kepemimpinan Pak Presiden menegaskan Indonesia sudah mampu mengelola ketahanan energi," pungkas Edy.

Follow WhatsApp Channel Okezone untuk update berita terbaru setiap hari

Follow
Sumber: https://nasional.okezone.com/read/2024/05/24/337/3012828/bpip-ungkap-alasan-upacara-hari-lahir-pancasila-digelar-di-blok-rokan
Tokoh











Graph