Waisak 2024: Puan Maharani Ungkap Kebaikan Buddha Gautama yang Bisa Dijadikan Inspirasi

  • 25 Mei 2024 00:26:50
  • Views: 7

PIKIRAN RAKYAT - Ketua DPR Puan Maharani mengucapkan selamat Hari Raya Tri Suci Waisak tahun 2024 kepada seluruh umat Buddha di Indonesia. Dia juga mengajak seluruh masyarakat terus menjaga dan mempererat kerukunan antarumat beragama.

"Atas nama DPR dan pribadi, saya mengucapkan selamat merayakan Hari Raya Tri Suci Waisak 2568 BE kepada seluruh umat Buddha di Indonesia, semoga perayaan Hari Waisak mampu menyinari bangsa dan negara ini dengan semangat toleransi," kata Puan, Kamis, 23 Mei 2024.

Sejumlah lampion terbang di atas candi Borobudur saat Festival Lampion Waisak 2023 di Marga Utama kompleks Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Minggu (4/6/2023). Sebanyak 2.567 lampion perdamaian diterbangkan sebagai penutup rangkaian perayaan Hari Raya Tri Suci Waisak 2567 BE/2023.

Puan menilai, Waisak dapat dijadikan momentum untuk menebar kasih kepada seluruh makhluk hidup dan menguatkan persatuan dan kesatuan bangsa.

Dia menilai, ada banyak kebajikan dari Buddha Gautama yang dapat dijadikan inspirasi. Termasuk untuk mencapai kebahagiaan, terbebas dari keserakahan dan kebencian.

"Di hari yang suci bagi umat Buddha ini, kita dapat menguatkan semangat untuk terus menebar kebajikan, memperkuat perdamaian, dan mempererat kerukunan antarsesama," sebut Puan.

Keberagaman adalah modal

Dia mengingatkan bahwa perbedaan di Indonesia harus dilihat dari paradigma yang positif karena keragaman dapat menjadi modal untuk pembangunan bangsa.

Dia mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk menghormati peribadatan yang dilakukan umat Buddha. "Di bawah bingkai Bhinneka Tunggal Ika, Indonesia terus mengukuhkan jati dirinya. Itulah yang membuat Indonesia memiliki keistimewaan. Bahwa meski berbeda-beda, Indonesia tetap satu. Berbeda itu indah saat masyarakat bisa hidup dengan harmoni,", ujarnya.

Lebih lanjut, Puan meminta pemerintah dan pihak keamanan agar memastikan kelancaran peribadatan umat Buddha menyambut detik-detik Waisak yang akan dipusatkan di Candi Borobudur.

Selain itu, peribadatan juga akan digelar di sejumlah candi lainnya seperti Candi Sewu, Candi Muara Takus, Candi Muara Jambi, dan Candi Sojiwan.

"Pastikan umat Buddha dapat melangsungkan perayaan Waisak dengan baik. Apalagi di Candi Borobudur, sebagian umat Buddha yang hadir berasal dari negara lain, kita harapkan setiap prosesi ibadat dapat berjalan lancar," katanya.

"Selamat menjalani prosesi peribadatan Tri Suci Waisak untuk semua umat Buddha. Semoga semua makhluk hidup berbahagia, Sabbe Satta Bhavantu Sukhitatta," kata Puan memungkasi.

Adapun tema yang diusung pada Hari Waisak 2024 adalah Kesadaran Keberagaman Jalan Hidup Luhur, Harmonis dan Bahagia. Tema ini diambil untuk meningkatkan kesadaran bahwa Indonesia berdiri di atas perbedaan dan keragaman.***


Sumber: https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-018121190/waisak-2024-puan-maharani-ungkap-kebaikan-buddha-gautama-yang-bisa-dijadikan-inspirasi?page=all
Tokoh



Graph

Extracted

persons Puan Maharani,
ministries DPR RI,
fasums Borobudur,
nations Indonesia,
places JAMBI, JAWA TENGAH,
cities Jati, Magelang,