Acara Hari Kemerdekaan Israel di Washington Menampilkan Pidato Bipartisan

  • 24 Mei 2024 22:34:50
  • Views: 7

Syafira | Sabtu, 25/05/2024 02:35 WIB

Ketua DPR Mike Johnson berbicara kepada media di Statuary Hall di US Capitol di Washington, AS, 17 April, 2024. REUTERS

WASHINGTON - Ketua DPR AS dari Partai Republik Mike Johnson dan Perwakilan AS dari Partai Demokrat Pete Aguilar akan menyampaikan pidato utama pada resepsi Hari Kemerdekaan di kedutaan Israel pada hari Kamis waktu setempat, dengan menyoroti peristiwa yang lebih tenang di bawah bayang-bayang perang Gaza.

Pertemuan tersebut terjadi di tengah ketegangan antara Presiden AS Joe Biden dan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengenai desakan AS agar Israel berbuat lebih banyak untuk melindungi warga sipil Palestina dalam perang melawan militan Hamas di Gaza.

Ini akan menjadi kesempatan bagi Johnson, seorang kritikus vokal terhadap kebijakan Biden mengenai Israel, dan Aguilar, sekutu presiden Partai Demokrat, untuk menyampaikan pandangan mereka setelah lebih dari tujuh bulan konflik terjadi.

Pemerintahan AS berturut-turut biasanya mengirimkan pejabat senior ke perayaan Hari Kemerdekaan di Washington.

Wakil Presiden Kamala Harris, yang dalam beberapa pekan terakhir menyerukan gencatan senjata di Gaza, menyampaikan pidato utama tahun lalu, yang sebagian besar memuji dukungan AS terhadap Israel. Menteri Dalam Negeri Alejandro Mayorkas berbicara tahun sebelumnya.

Seorang pejabat Israel mengatakan tahun ini kedutaan ingin memberikan penghargaan kepada anggota parlemen yang berperan sebagai pembicara sebagai penghargaan atas persetujuan Kongres atas bantuan militer AS yang baru kepada Israel.

“Partisipasi mereka menyoroti kuatnya dukungan bipartisan terhadap Israel di Amerika Serikat, dan Kongres pada khususnya, dan mencerminkan aliansi abadi Israel-AS,” kata kedutaan AS dalam sebuah pernyataan.

Resepsi tersebut berlangsung pada malam yang sama dengan jamuan makan malam kenegaraan di Gedung Putih untuk Presiden Kenya William Ruto, yang menurut pejabat Israel menimbulkan konflik penjadwalan bagi anggota senior pemerintahan.

Pejabat pemerintahan junior lainnya ada dalam daftar tamu kedutaan, menurut pejabat Israel.

Johnson, ketua Dewan Perwakilan Rakyat dan pejabat tertinggi Partai Republik di Kongres, dan Aguilar, ketua Kaukus Demokrat di DPR, keduanya diberikan kesempatan menjadi pembicara utama pada Kamis malam, kata kedutaan.

Gedung Putih tidak segera menanggapi permintaan komentar mengenai tidak adanya pejabat pemerintah dari daftar pembicara.

Johnson, seorang pendukung setia Israel, menentang upaya Biden untuk mengekang kampanye Netanyahu di Gaza. Pada hari Selasa, Johnson mengatakan dia hampir mengundang Netanyahu, yang memiliki hubungan hangat dengan mantan Presiden Donald Trump dan sangat dekat dengan Partai Republik, untuk berbicara kepada anggota parlemen.

Johnson, sekutu Trump, telah menjadi tokoh yang menonjol di Washington yang mencerminkan perpecahan politik AS dalam kebijakan Israel setelah serangan lintas batas Hamas terhadap Israel pada 7 Oktober, yang memicu perang Gaza yang terus berkecamuk sejak saat itu.

Politisasi masalah ini semakin intensif menjelang pemilihan presiden bulan November di mana Biden mencalonkan diri melawan Trump.
Berbeda dengan perayaan gala tahun-tahun sebelumnya, resepsi tahun ini, yang menandai peringatan 76 tahun berdirinya Israel, disebut sebagai “acara solidaritas.”

Mirip dengan peringatan 13 Mei di Israel, peringatan ini dikurangi untuk menghormati apa yang dikatakan pemerintah Israel bahwa lebih dari 120 sandera masih ditahan oleh Hamas di Gaza.

Dengan adanya pengunjuk rasa pro-Palestina dan anti-Israel yang diperkirakan berada di dekat lokasi pada Kamis malam, keamanan akan diperketat.

KEYWORD :

Kemerdekaan Israel Kongres AS Kritik Biden


Sumber: https://www.jurnas.com/artikel/156189/Acara-Hari-Kemerdekaan-Israel-di-Washington-Menampilkan-Pidato-Bipartisan/
Tokoh











Graph

Extracted

persons Benjamin Netanyahu, Donald Trump, Joe Biden, Johnson, Kamala Harris,
companies Reuters,
ministries DPR RI,
parties Demokrat,
fasums Gedung Putih,
nations Amerika Serikat, Israel, Kenya, Palestina,
cities Washington,
musicclubs APRIL,