Seru! Bisa Foto Bareng Satwa Endemik RI di Java Jazz Festival 2024

  • 24 Mei 2024 20:56:43
  • Views: 7

Jakarta -

Jakarta International BNI Java Jazz Festival 2024 resmi digelar. Selama 3 hari, yaitu pada 24-26 Mei 2024, festival ini siap memanjakan telinga para pencinta musik Jazz di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Main-main ke Java Jazz, tak hanya bisa senang-senang saja. Pengunjung juga bisa sambil 'menjelajah' taman nasional yang ada di berbagai pelosok Indonesia. Bahkan, bisa berfoto bareng satwa endemik asli Indonesia dalam bentuk virtual atau AI.

Pengalaman berfoto bareng satwa ini hadir di booth Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). KLHK menghadirkan photobooth dengan konsep unik. Kamu bisa berfoto sambil mengenal keragaman satwa ikonik dari Nusantara.

-

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ada 6 satwa yang ditampilkan, sebagian besar adalah satwa-satwa yang dilindungi, seperti gajah dan harimau sumatera, badak cula satu, komodo, burung julang emas, dan lainnya. Semua hewan tersebut diilustrasikan semirip mungkin dengan aslinya.

Tak hanya itu, di booth KLHK, pengunjung juga diajak berpetualang mengunjungi taman-taman nasional yang tersebar dari ujung Sumatera sampai Papua. Misalnya saja Taman Nasional Kerinci Seblat yang merupakan taman nasional terbesar di Pulau Sumatera, karena melintasi 4 provinsi, yaitu Jambi, Sumatera Barat, Bengkulu dan Sumatera Selatan.

Lalu ada Taman Nasional Kayan Mentarang di Kalimantan, yang letaknya ada di perbatasan Indonesia-Malaysia. Berjalan ke Sulawesi, pengunjung bisa menemukan Taman Wisata Aketajawe Lolobata, dan ada Taman Wisata Wasur di Bumi Papua.

Hanna (20), salah satu pengunjung dari Cibubur mengapresiasi photobooth yang disediakan KLHK di Java Jazz tahun ini. Menurutnya, photobooth bisa membantu pengunjung dalam membayangkan bentuk asli dari satwa-satwa yang ada di Indonesia.

"Iya, karena ditampilkan juga gambarnya, jadi bisa tervisualisasi," katanya kepada tim detikcom.

Senada dengan Hanna, pengunjung lainnya menyambut baik keseruan di photobooth KLHK, karena dapat menambah wawasan tentang satwa-satwa yang dilindungi. Ini juga dinilai bisa menjadi edukasi bagi pengunjung yang datang bersama anak-anak.

"Photobooth-nya lucu. Ada virtual hewannya. Terus bisa foto sekeluarga. Nambah momen juga bareng keluarga," katanya.

Di samping itu, KLHK juga menyediakan fitur kalkulator untuk menghitung jejak karbon. detikcom sempat mencoba fitur ini. Caranya mudah, hanya perlu men-scan barcode yang tersedia, dan mengisi lokasi tempat tinggal. Selanjutnya akan muncul secara otomatis perkiraan jarak tempuh, serta berapa emisi karbon yang dihasilkan.

Dengan adanya fitur ini diharapkan dapat meningkatkan awareness akan pentingnya mengurangi emisi karbon. KLHK pun mendorong pengunjung untuk beralih ke transportasi umum, naik sepeda. Ataupun naik mobil beramai-ramai sehingga menekan emisi karbon.

Untuk semakin memeriahkan acara, KLHK juga bagi-bagi grand prize berupa trip liburan gratis ke Taman Nasional Komodo. Trip ini sudah termasuk mengakomodasi biaya pesawat, kapal, dan penginapan. Asyik banget!

Nah buat kamu yang berencana berakhir pekan di Java Jazz, jangan lupa mampir ke booth KLHK. Letaknya ada di sisi kiri pintu masuk utama. Siapa tahu kamu jadi salah satu dari 3 orang yang beruntung memenangkan hadiah liburan ini.

Sebagai informasi, ini adalah gelaran ke-19 Java Jazz. Deretan musisi jazz ternama dari seluruh dunia siap memeriahkan panggung hajatan akbar musik jazz ini. Sebut saja Laufey, Brian Simpson sampai Paul Brown.

Ada juga penampilan dari musisi lokal Tanah Air, seperti Maliq & D'Essentials, Andien, Salma Salsabil dan Nadhif Basalamah. Selain itu, Mahalini, Ardhito Pramono, hingga Afgan juga mejeng di line up Java Jazz Festival 2024.

(prf/ega)
Sumber: https://news.detik.com/berita/d-7356402/seru-bisa-foto-bareng-satwa-endemik-ri-di-java-jazz-festival-2024
Tokoh







Graph

Extracted

persons Afgan, Andien, Ardhito Pramono,
bumns BNI,
products emas,
nations Indonesia, Malaysia,
places BENGKULU, DKI Jakarta, JAMBI, PAPUA, SUMATERA BARAT, SUMATERA SELATAN,
cities Cibubur, Kemayoran,
transportations sepeda,
animals Gajah, Harimau Sumatera,