Jangan Lupa! Ganjil Genap Berlaku di Puncak saat Waisak, Ini Jadwal Pemberlakuannya

  • 24 Mei 2024 02:31:44
  • Views: 5

PIKIRAN RAKYAT - Polres Bogor menerapkan skema ganjil genap di kawasan Puncak selama libur Waisak pada Kamis, 23 Mei 2024. Kebijakan ini dilakukan untuk antisipasi kepadatan lalu lintas saat libur long weekend akhir pekan ini.

Pemberlakuan ganjil genap ini bertujuan untuk mengendalikan dan mengurangi kemacetan di kawasan Puncak selama long weekend. Menurut AKP Rizky Guntama, Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Bogor, skema ganjil genap dimulai Rabu, 22 Mei 2024 malam hari. Sehari sebelum libur Waisak, dan berlangsung hingga Minggu, 26 Mei 2024. Pembatasan ini berlaku sepanjang Jalan Raya Puncak.

"Skema ganjil genap diterapkan dari Rabu hingga Minggu," jelas Rizky pada Selasa, 21 Mei 2024.

One Way Juga Berlaku

Selain ganjil genap, polisi juga akan menerapkan skema rekayasa lalu lintas one way secara situasional mulai Kamis. "One way dimulai Kamis," tambah Rizky. Penerapan one way akan disesuaikan dengan volume kendaraan di lapangan. Jika lalu lintas terpantau padat, maka one way akan diberlakukan untuk memperlancar arus kendaraan.

Sebanyak 500 personel Polres Bogor akan dikerahkan untuk menjaga keamanan jalur Puncak selama long weekend. Rizky memperkirakan puncak kepadatan kendaraan akan terjadi pada Sabtu dan Minggu, 25-26 Mei 2024.

"Puncak arus diprediksi terjadi pada Sabtu dan Minggu," katanya.

Jadwal Ganjil Genap

Berikut ini adalah Jadwal Ganjil Genap dan One Way di Puncak Saat Libur Waisak

Ganjil Genap:

Pembatasan kendaraan berdasarkan nomor plat ganjil dan genap diberlakukan di sepanjang Jalan Raya Puncak. Kendaraan dengan nomor plat ganjil hanya boleh melintas pada tanggal ganjil, dan sebaliknya. Berlaku mulai Rabu (22/5) hingga Minggu (26/5).

One Way (Sistem Satu Arah):

Penerapan one way dilakukan secara situasional, bergantung pada volume kendaraan di kawasan Puncak. Skema one way dimulai pada Kamis (23/5). Keputusan pemberlakuan one way berdasarkan pemantauan di lapangan. Jika lalu lintas ramai, one way akan diberlakukan untuk memperlancar arus lalu lintas.

***


Sumber: https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-018120168/jangan-lupa-ganjil-genap-berlaku-di-puncak-saat-waisak-ini-jadwal-pemberlakuannya?page=all
Tokoh

Graph

Extracted

ministries Polisi,
places JAWA BARAT,
cities Bogor,
cases Kemacetan,