Segera Hapus, 3 Aplikasi di Android Ini Bisa Kuras Rekening

  • 23 Mei 2024 19:41:10
  • Views: 8

Abadikini.com, JAKARTA – Aplikasi tertentu ternyata bisa berbahaya bagi pemilik HP Android. Menurut temuan Tim Peneliti Siber dari ESET ada 3 aplikasi berbahaya di HP Android. Menurut ESET, aplikasi tersebut dapat mengirimkan malware ke dalam ponsel korban.

Jadi, jika pemilik HP Android terlanjur sudah meng-install aplikasi-aplikasi tersebut, sebaiknya langsung hapus.

Selain itu, menurut para peneliti, malware tersebut menggunakan alat pengembangan aplikasi yang asli. Namun ini digunakan untuk menyimpan informasi yang sensitif, dan menyulitkan alat keamanan melakukan pekerjaannya.

Melansir cnbcindonesia, ketiga aplikasi itu adalah Dink Messenger, Info Sim, dan Defcom.

“Aplikasi yang mengandung XploitSPY dapat mengekstrak daftar dan file kontak, lokasi GPS perangkat dan nama file pada direktori tertentu terkait kamera, download dan berbagai aplikasi pesan seperti Telegram dan WhatsApp,” kata tim peneliti ESET, dikutip dari Yahoo News, Kamis (23/5/2024).

“Malware juga menggunakan library asli, ini sering digunakan untuk pengembangan aplikasi Android untuk meningkatkan kinerja dan mengakses fitur sistem. Dalam kasus ini, library digunakan untuk menyimpan informasi sensitif, seperti alamat dari server C&C, membuat alat keamanan sulit menganalisa aplikasi,” demikian penjelasan lanjut para peneliti.

Disebutkan, sasaran korban mayoritas berada di India dan Pakistan.

Malware akan mengakses sejumlah informasi termasuk daftar kontak hingga GPS perangkat, termasuk berisiko mengakses informasi keuangan, termasuk perbankan.

Jadi, segera saja langsung hapus ketiga aplikasi tersebut dari HP Android Anda.

Bagaimana cara menghapusnya?

Cara menghapus aplikasi berbahaya ini bisa dilakukan dengan masuk ke aplikasi Google Play Store. Berikutnya klik ikon Profil dan ketuk Manage apps and devices.

Cari nama aplikasi yang ingin dihapus. Berikutnya klik Uninstall untuk menyelesaikan tahapan ini. Semoga bermanfaat!


Sumber: https://www.abadikini.com/2024/05/23/segera-hapus-3-aplikasi-di-android-ini-bisa-kuras-rekening/
Tokoh

Graph

Extracted

companies Google, Telegram, WhatsApp,
products malware, SIM,
nations India, Pakistan,
places DKI Jakarta,
musicclubs iKON,