36 Unit Bus TransJakarta Hilang di Terminal Pulogebang, Kok Bisa?

  • 23 Mei 2024 15:56:21
  • Views: 5

Jakarta: Sebanyak 36 unit bus Transjakarta dikabarkan hilang. Hal itu berawal dari laporan Anggota Komisi C DPRD DKI Jakarta Eneng Malianasari yang mengungkapkan, sebanyak 36 bus Transjakarta yang merupakan barang milik daerah (BMD) hilang ketika diletakkan di Terminal Pulogebang, Jakarta Timur. Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo akan mengecek kebenaran soal hilangnya 36 bus Transjakarta yang ditempatkan di Terminal Pulogebang tersebut. "Nanti saya cek ya," kata Syafrin Liputo, Rabu, 22 Mei 2024. Pencurian ini disebut telah dilaporkan ke pihak kepolisian. "Tapi di beberapa lokasi kami yang menjaga, seperti di Terminal Pulogadung, sempat ada kejadian bus-bus tersebut beberapa komponennya dimaling. Ini kami tindak lanjuti dengan laporan ke polisi, kemudian dibuatkan berita acaranya," urainya. Syafrin menambahkan, proses penghapusan BMD berupa ratusan bus Transjakarta tersebut semula diurus oleh Dishub DKI. Kemudian, proses penghapusan BMD menjadi tanggung jawab Badan Pengelola Aset Daerah (BPAD) DKI Jakarta.    Adapun 36 bus ini merupakan bagian dari 417 bus Transjakarta terbengkalai yang hendak dihapuskan sebagai BMD Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.  BPAD DKI Jakarta kini disebut masih meminta perizinan DPRD DKI Jakarta untuk menghapuskan 417 bus Transjakarta itu dari BMD Pemprov DKI Jakarta. Penghapusan ratusan bus dilakukan melalui lelang. "Rekan-rekan BPAD DKI sudah mengajukan untuk mohon persetujuan dari DPRD SKI untuk penghapusannya. Otomatis tinggal menunggu surat persetujuan itu, yang kemudian proses selanjutnya, oleh BPAD DKI, ke proses lelang," urai Syafrin. DPRD heran 36 bus bisa hilang di Pulogebang Anggota Komisi C DPRD DKI Jakarta Eneng Malianasari mengaku terheran-heran lantaran 36 bus Transjakarta itu bisa menghilang dari Terminal Pulogebang. "Terminal ini [Terminal Pulogebang] merupakan salah satu terminal yang paling bagus, tapi sayangnya terminal ini tidak aman. Jadi, saya masih belum bisa membayangkan bagaimana 36 bus single Transjakarta itu bisa hilang dari terminal ini," kata Eneng.

Jakarta: Sebanyak 36 unit bus Transjakarta dikabarkan hilang. Hal itu berawal dari laporan Anggota Komisi C DPRD DKI Jakarta Eneng Malianasari yang mengungkapkan, sebanyak 36 bus Transjakarta yang merupakan barang milik daerah (BMD) hilang ketika diletakkan di Terminal Pulogebang, Jakarta Timur.
 
Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo akan mengecek kebenaran soal hilangnya 36 bus Transjakarta yang ditempatkan di Terminal Pulogebang tersebut.
 
"Nanti saya cek ya," kata Syafrin Liputo, Rabu, 22 Mei 2024.
Pencurian ini disebut telah dilaporkan ke pihak kepolisian. "Tapi di beberapa lokasi kami yang menjaga, seperti di Terminal Pulogadung, sempat ada kejadian bus-bus tersebut beberapa komponennya dimaling. Ini kami tindak lanjuti dengan laporan ke polisi, kemudian dibuatkan berita acaranya," urainya.
 
Syafrin menambahkan, proses penghapusan BMD berupa ratusan bus Transjakarta tersebut semula diurus oleh Dishub DKI. Kemudian, proses penghapusan BMD menjadi tanggung jawab Badan Pengelola Aset Daerah (BPAD) DKI Jakarta. 
 
Adapun 36 bus ini merupakan bagian dari 417 bus Transjakarta terbengkalai yang hendak dihapuskan sebagai BMD Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. 
 
BPAD DKI Jakarta kini disebut masih meminta perizinan DPRD DKI Jakarta untuk menghapuskan 417 bus Transjakarta itu dari BMD Pemprov DKI Jakarta. Penghapusan ratusan bus dilakukan melalui lelang.
 
"Rekan-rekan BPAD DKI sudah mengajukan untuk mohon persetujuan dari DPRD SKI untuk penghapusannya. Otomatis tinggal menunggu surat persetujuan itu, yang kemudian proses selanjutnya, oleh BPAD DKI, ke proses lelang," urai Syafrin. DPRD heran 36 bus bisa hilang di Pulogebang
Anggota Komisi C DPRD DKI Jakarta Eneng Malianasari mengaku terheran-heran lantaran 36 bus Transjakarta itu bisa menghilang dari Terminal Pulogebang.
 
"Terminal ini [Terminal Pulogebang] merupakan salah satu terminal yang paling bagus, tapi sayangnya terminal ini tidak aman. Jadi, saya masih belum bisa membayangkan bagaimana 36 bus single Transjakarta itu bisa hilang dari terminal ini," kata Eneng.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

(PRI)


Sumber: https://www.medcom.id/nasional/metro/MkM71mRN-36-unit-bus-transjakarta-hilang-di-terminal-pulogebang-kok-bisa
Tokoh





Graph

Extracted

persons Syafrin, Syafrin Liputo,
companies Google,
ministries DPRD, Pemprov DKI Jakarta, Polisi,
bumns TransJakarta,
fasums Terminal Pulogebang,
places DKI Jakarta,
cities Pulogebang,
cases pencurian,