Irlandia Diperkirakan Akui Negara Palestina Hari Ini, 2 Negara Eropa Lain Menyusul

  • 22 Mei 2024 21:03:53
  • Views: 6

DUBLIN, iNews.idIrlandia diperkirakan secara resmi mengakui Negara Palestina pada hari ini. Hal tersebut terungkap lewat laporan The Irish Independent, Selasa (21/5/2024).

Menurut laporan itu, Irlandia tidak cuma sendirian, melainkan bakal bersama dua negara anggota Uni Eropa mendeklarasikan pengakuan resmi mereka atas Negara Palestina. Irlandia mengumumkan pengakuan tersebut pada Rabu (22/5/2024) ini, sedangkan dua negara Uni Eropa tersebut akan mendeklarasikan besok pagi.

Baca Juga

ICC Juga Minta 3 Pemimpin Hamas Ditangkap, Palestina Protes: Jangan Samakan Korban dengan Algojo!

Masih menurut media itu, negara-negara lain yang memiliki pemikiran serupa dengan Dublin juga diperkirakan mengikuti jejak Irlandia dalam mengakui Palestina sebagai sebuah negara dalam beberapa minggu mendatang. Pemerintah Irlandia telah memutuskan bahwa sekarang adalah waktu yang tepat untuk mengakui hal tersebut.

Sementara itu, Kementerian Luar Negeri Israel mengunggah video di platform media sosial X yang menyerukan Irlandia untuk tidak mengakui Negara Palestina.

Baca Juga

Austria Lanjutkan Pendanaan untuk Badan Bantuan Pengungsi Palestina

“Irlandia. Kemungkinan mengakui Negara Palestina berisiko membuat Anda menjadi pion di tangan Iran dan Hamas,” kata narator dalam video yang diunggah Kemlu Israel itu.

“Tindakan seperti itu hanya akan memperkuat Hamas dan melemahkan Otoritas Palestina yang sudah tidak berfungsi. Fakta bahwa para pemimpin Hamas berterima kasih kepada Anda seharusnya menjadi panggilan yang membangunkan (Anda dari tidur),” ujar narator itu lagi.

Baca Juga

UNRWA: Warga Palestina yang Tinggalkan Rafah Capai 800.000 Orang

Pada akhir Maret, Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez mengatakan bahwa Madrid telah mencapai kesepakatan dengan Irlandia, Slovenia, dan Malta untuk mengambil langkah pertama menuju pengakuan Negara Palestina. Menurut dia langkah ini penting guna mendorong proses perdamaian. 

Negara-negara tersebut kemudian mengeluarkan pernyataan bersama bahwa mereka menyatakan kesiapan untuk mengakui Negara Palestina ketika situasinya “tepat”.

Saat ini, Palestina telah diakui oleh sembilan negara anggota Uni Eropa. Delapan negara yaitu Bulgaria, Siprus, Republik Ceko, Hongaria, Malta, Polandia, Rumania, dan Slovakia mengakuinya pada 1988, sebelum bergabung dengan Uni Eropa. Sementara Swedia memberikan pengakuannya pada 2014.

Pekan lalu, Menteri Luar Negeri Irlandia Micheal Martin mengatakan,  Dublin akan mengakui Palestina sebagai sebuah negara pada Mei ini. 

Editor : Ahmad Islamy Jamil


Sumber: https://www.inews.id/news/internasional/irlandia-diperkirakan-akui-negara-palestina-hari-ini-2-negara-eropa-lain-menyusul
Tokoh



Graph