Masuki Tahap Verifikasi dan Validasi dari BKN, Ini 6 Kelompok Kerja yang Bakal Diangkat Jadi PPPK

  • 22 Mei 2024 00:22:15
  • Views: 6

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Pendaftaran Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (PPPK) akan segera dibuka. Saat ini, tahapannya sudah masuk Verifikasi dan Validasi (Verval).

Nantinya, setelah Verval pegawai non Aparatur Sipil Negara (ASN) dikakukan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN). Barukah pendaftaran dibuka.

Dikutip dari website resmi Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, disebutkan bahwa verval dilakukan pada 1.788.851 tenaga non-ASN atau honorer yang masuk database BKN.

Kepala BKN Haryomo Dwi Putranto mengatakan BKN melibatkan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dalam verval tenaga non-ASN tersebut.

Ada enam katergori kelompok kerja yang bakal diangkat jadi PPPK. Yakni sebagai berikut:

Honorarium; Surat keputusan pengangkatan dan masa kerja; Usia; Jabatan; Tingkat pendidikan; Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM).

BPKP bertugas sebagai tim quality assurance dan penanggung jawab Pokja Kriteria 1, sementara Tim BKN sebagai penanggung jawab Pokja Kriteria 2-6.

“Pada verval ini, distribusi data yang diperiksa oleh verifikator dilakukan secara acak. Verifikator tidak dapat memilih data yang diperiksa, dan setiap verifikator hanya melakukan verval pada 1 kriteria sesuai dengan pokja masing-masing,” kata Haryomo seusai rapat bersama BKN di Jakarta, Jumat (17/5).

Sampai 17 Mei 2024 pukul 00.00 WIB, Verval kriteria 2 mencapai 89.87 persen, kriteria 3 sudah 100 persen, kriteria 4 mencapai 63.33 persen, kriteria 5 sudah 100 persen, dan kriteria 6 mencapai 99.52 persen.

Dari hasil verval data honorer pada masing-masing kriteria tersebut nantinya sebagai dasar untuk menentukan kebijakan pengangkatan PPPK

(Arya/Fajar)


Sumber: https://fajar.co.id/2024/05/21/masuki-tahap-verifikasi-dan-validasi-dari-bkn-ini-6-kelompok-kerja-yang-bakal-diangkat-jadi-pppk/?page=all
Tokoh

Graph

Extracted

ministries ASN, BPKP,
products PPPK,
places DKI Jakarta,