Pabrik Garmen Terbesar di Purwakarta Ini Dapat Modal dari Amerika, tapi Malah Tutup hingga PHK 1.015 Karyawan, Kenapa?

  • 21 Mei 2024 21:22:24
  • Views: 7

 

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Salah satu pabrik terbesar di Purwakarta, Jawa Barat yang mendapatkan modal dari Amerika ini berujung dengan ditutup hingga harus melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) karyawan.

Diketahui, pabrik yang dibangun di Purwakarta, Jawa Barat ini merupakan pabrik yang bergerak di bidang garmen pakaian jadi.

Pabrik ini merupakan salah satu pabrik garmen terbesar yang dibangun di Purwakarta, Jawa Barat.

Baca Juga: Pabrik Es Krim Terbesar se Indonesia Dibangun di Jawa Barat Senilai Rp2,5 Triliun, Berhasil Serap Ratusan Pengangguran

Diketahui, pabrik ini memiliki luas 9,2 hektar sehingga disebut sebagai salah satu pabrik garmen terbesar di Purwakarta, Jawa Barat.

Pabrik ini telah berdiri sejak tahun 2007 dan mendapatkan penanaman modal asing penuh dari Amerika serta dikelola oleh perusahaan Korea.

Berdiri sejak tahun 2007, pabrik garmen terbesar di Purwakarta ini justru malah tutup hingga harus melakukan PHK terhadap ribuan karyawan.

Kabarnya, pabrik garmen terbesar di Purwakarta ini harus ditutup karena adanya kendala terkait persaingan pasar internasional yang menyebabkan sepinya pesanan.

Baca Juga: TPST Santiong Cimahi Mulai Operasi, Serap 50 Ton Sampah dan Kirim Hasil RDF ke Pabrik Semen

Pabrik garmen ini mengalami kesulitan dalam mendapatkan pesanan dan semakin tingginya nominal UMK di Purwakarta.

Tingginya UMK di Purwakarta membuat pabrik garmen ini tidak bisa memberikan gaji karyawan sesuai dengan upah minimum.

Hal tersebut yang akhirnya membuat pabrik garmen terbesar di Purwakarta ini harus ditutup pada Desember 2023.

Pabrik garmen terbesar di Purwakarta ini juga harus melakukan PHK terhadap karyawan sebanyak 1.015.

Baca Juga: LIPSUS: Rentetan Panjang Badai PHK dan Relokasi Pabrik di Jawa Barat: Mulai Terasa Sejak 2013

Harus melakukan PHK terhadap 1.015 karyawan, pabrik garmen terbesar di Purwakarta ini disebut sebagai perusahaan yang paling banyak memberhentikan pekerja.

Nama pabrik garmen terbesar di Purwakarta yang dapat modal dari Amerika tapi malah berujung dengan ditutup ini adalah PT Eins Trend.

Demikian informasi mengenai pabrik garmen terbesar di Purwakarta ini dapat modal dari Amerika, tapi malah tutup hingga PHK 4.000 karyawan. ***


Sumber: https://www.ayobandung.com/umum/7912721621/pabrik-garmen-terbesar-di-purwakarta-ini-dapat-modal-dari-amerika-tapi-malah-tutup-hingga-phk-1015-karyawan-kenapa?page=all
Tokoh



Graph

Extracted

persons Badai,
nations Amerika Serikat, Indonesia,
places JAWA BARAT,
cities Cimahi, Purwakarta,
cases pengangguran, PHK,