Sebelum Daftar CASN 2024, Kamu Harus Tahu Apa Itu Korpri

  • 21 Mei 2024 17:59:44
  • Views: 8

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Pendaftaran Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) mulai dibuka untuk sekolah kedinasan. Selanjutnya, pemerintah akan membuka pendaftaran CASN untuk sejumlah instansi.

Belum diketahui pasti kapan pembukaan pendaftaran CASN 2024. Hanya saja, dikabarkan paling lambat Juli mendatang.

Hingga saat ini, total 1,2 juta formasi CASN tahun 2024 yang dikonfirmasi bakal dibuka. Jumlahnya 427.650 formasi untuk instansi pusat, dan 862.174 formasi unuk instansi daerah.

CASN tahun 2024 akan dibagi dalam 2 (dua) kategori ASN. Yakni Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). 

Berbicara ASN, tentu sangat dekat dengan Korpri. Namun, apakah sebenarnya Korpri itu?

Dikutip dari laman resminya, Korpri adalah akronim dari Korps Pegawai Republik Indonesia. Organisasi ini didirikan pada tanggal 29 November 1971 .

Pendiriannya berdasarkan Keppres RI Nomor 82 Tahun 1971 tentang Korps Pegawai Republik Indonesia. Markasnya berpusat di Gedung B, Lantai 7, Bapeten, Jl. Gajah Mada No. 8, Jakarta Pusat.

Ditilik dari aturan yang ada, Korpri merupakan satu-satynya organisasi yang menghinpun ASN di Indonesia.  Itu tertera pada Pasal 2 ayat 2 keppres RI Nomor 82 Tahun 1971.

 “merupakan satu-satunya wadah untuk menghimpun dan membina seluruh pegawai RI di luar kedinasan”.

Tujuan pembentukannya Korps Pegawai ini adalah agar “Pegawai Negeri RI ikut memelihara dan memantapkan stabilitas politik dan sosial yang dinamis dalam negara RI”.

Selama orde baru, Kirpri dijadikan alat kekuasaan untuk melindungi pemerintah yang berkuasa waktu itu. Namun sejak era reformasi, Korpri berubah menjadi organisasi yang netral, tidak berpihak terhadap partai politik tertentu.

Siapa saja yang tergabung dalam Korpri?

Di Korpsi tentu saja menghimpun ASN. ASN yang dimaksud baik Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak atau PPPK.

Namun selain itu, Korpri juga menghimpun pegawai Badan Usaha Milik Negara atau BUMN. Serta anak perusahaannya.

(Arya/Fajar)


Sumber: https://fajar.co.id/2024/05/21/sebelum-daftar-casn-2024-kamu-harus-tahu-apa-itu-korpri/?page=all
Tokoh

Graph

Extracted

ministries ASN,
institutions Korpri,
topics Orde Baru,
events Rezim Orde Baru,
products PPPK,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta,
animals Gajah,