Menaker Nilai Program Desmigratif yang Sudah Berjalan 8 Tahun Layak Dilanjutkan

  • 21 Mei 2024 10:35:00
  • Views: 4

Pembangunan Desa Migran Produktif (Desmigratif) merupakan salah satu terobosan Kementerian Ketenagakerjaan yang bekerja sama dengan berbagai lembaga untuk memberdayakan, meningkatkan pelayanan serta memberi perlindungan bagi Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) atau Pekerja Migran Indonesia (PMI) di desa yang menjadi kantong-kantong PMI.

Hal tersebut dilakukan dengan menawarkan program-program unggulan yang dibutuhkan oleh CPMI/PMI dan keluarganya melalui pemanfaatan potensi lokal dan tidak mengabaikan karakteristik daerah setempat.

Pembangunan Desmigratif pun berlandaskan pada 4 program atau pilar utama, seperti:

Pilar I

Desa akan menjadi pusat layanan informasi, komunikasi, yang merupakan bagian dari proses penempatan dan perlindungan sejak pra penempatan, hingga kembali ke daerah asal. Pertimbangannya adalah karena Pemerintah desa sebagai garda terdepan dalam pelayanan masyarakat harus mampu memberikan informasi tentang cara menjadi PMI sesuai dengan prosedur yang berlaku, sejak pra, hingga kembali ke daerah asal dengan aman, cepat, mudah dan berbiaya murah.

Pilar II 

Program desmigratif membidangi penciptaan usaha produktif melalui pelatihan usaha, pendampingan usaha serta bantuan sarana usaha produktif hingga pemasarannya. Melalui program tersebut diharapkan keluarga PMI mampu mengelola penghasilannya untuk menciptakan usaha-usaha produktif.

Pilar III

Program desmigratif mengembangkan community parenting melalui pelatihan kepada masyarakat, orangtua dan suami/istri PMI tentang cara mengasuh, mendidik, membimbing dan membesarkan anak dengan benar dan tepat, agar mereka terus bisa bersekolah mengembangkan kreativitas.

Pilar IV

Program desmigratif untuk membina dan mengarahkan masyarakat dalam rangka penguatan usaha produktif untuk jangka panjang dan kemudahaan akses permodalan yang terorganisir dapat berbentuk koperasi usaha, Baitul Mal Wat Thamwil (BMT), Bank Perkreditan Rakyat (BPR), dan bentuk lembaga keuangan lainnya yang menjadi inisiatif bersama dari masyarakat dan didukung oleh pemerintah.

 

(*)


Sumber: https://www.liputan6.com/news/read/5600870/menaker-nilai-program-desmigratif-yang-sudah-berjalan-8-tahun-layak-dilanjutkan
Tokoh

Graph

Extracted

ministries Kemnaker, Menaker,
ngos GARDA, PMI,
topics migran indonesia,
nations Indonesia,