HUT ke-59, Lemhannas Perkuat Peran di Era Teknologi Informasi

  • 21 Mei 2024 11:11:00
  • Views: 4

JAKARTA -Lembaga KetahananNasional (Lemhannas) RI berkomitmen untuk memperkuat perannya dalam usia ke-59 sebagai pusat rujukan ilmu pengetahuan ketahanan nasional di tantangan era teknologi informasi.

Sekretaris Utama Lemhannas RI Komjen Pol. RZ Panca Putra S dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa (21/5), mengatakan menghadapi era teknologi informasi saat ini, cyber warfare merupakan ancaman besar terhadap peradaban sosial, perdamaian dan stabilitas hubungan antar negara.

"Harapannya kami mampu mewujudkan tujuan nasional dan mendukung program pembangunan nasional demi mewujudkan Indonesia Emas 2045," kata Jenderal Polisi bintang tiga itu.

Pada momentum HUT kali ini, Lemhannas mempersembahkan terminologi baru dalam hubungan antar negara yakni 'GeoCybernetic', suatu konsep yang berkaitan dengan perkembangannya tatanan ruang baru yaitu ruang siber (cyberspace).

"Dalam ruang ini, informasi memiliki peran kunci dalam pengambilan keputusan strategis dan manajemen krisis," ujarnya.

Untuk itu, lanjut dia, Lemhannas RI menjadi kawah candra dimuka bagi kader-kader pemimpin dan pemimpin nasional.

"Pemimpin yang berkarakter kebangsaan, mampu menghadapi tantangan zaman, mampu menyelesaikan permasalahan secara komprehensif, integral, holistik dan berkeadilan untuk kepentingan keutuhan NKRI," kata Panca.

Lemhannas Polri menggelar syukuran dan sarasehan sebagai puncak acara rangkaian HUT Ke-59 Lemhannas RI di Jakarta (20/5/2024).

Mantan Kapolda Sumatra Utara itu menyampaikan, sarasehan ini menjadi sarana refleksi dan upaya untuk mengembangkan dan memperkuat peran Lemhannas RI dalam menjalankan tugas sebagai lembaga pemerintah non kementerian yang menjadi pusat rujukan dan center of excellence ilmu pengetahuan ketahanan nasional dalam menghadapi berbagai ancaman, hambatan dan tantangan di tengah pengaruh dan perkembangan dunia geopolitik geostrategi saat ini.

Momentum HUT tahun ini mengangkat tema 'Reaktualisasi Ketahanan Nasional'.

Tema ini, kata dia, merupakan harapan bagi jajaran Lemhannas agar dapat mengingat kembali jati diri bangsa dengan memperkuat pertahanan nasional yang merupakan daya lentur bangsa yang berisi keuletan dan ketangguhan bangsa dalam menghadapi berbagai potensi ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan serta mampu beradaptasi menghadapi perkembangan geopolitik global.

Menurut dia, sebagai center of excellence, Lemhannas RI membangun body of knowledge ketahanan nasional yang terdiri enam enam ranah politik.

Pertama konsensus dasar negara. Kedua geopolitik, ketiga geostrategi, keempat kewaspadaan nasional. Kelima kepemimpinan nasional dan keenam sistem manajemen nasional.

"Rumusan body of knowledge ini terus disempurnakan dan dijabarkan dalam bentuk kerja sama dengan seluruh stakeholder dan perguruan tinggi," kata Panca.

Baca Juga :

Srikandi PLN Mengajar: Mahasiswa LP3I Jakarta Gali Lebih Dalam Peran Humas di Era Digital


Redaktur : Lili Lestari

Penulis : Antara


Sumber: https://koran-jakarta.com/hut-ke-59-lemhannas-perkuat-peran-di-era-teknologi-informasi?page=all
Tokoh

Graph

Extracted

ministries Lemhannas, Polisi,
bumns PLN,
products emas,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta,
cities Jati,