Anggota Dewas KPK Dilaporkan ke Bareskrim, Ini Kasusnya

  • 21 Mei 2024 11:15:28
  • Views: 5

Selasa, 21 Mei 2024 – 05:28 WIB

Ilustrasi Bareskrim Polri. Foto/Arsip: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nurul Ghufron melaporkan anggota Dewan Pengawas KPK ke Bareskrim Polri terkait dugaan pencemaran nama baik dan penyalahgunaan wewenang.

"Saya melaporkan dugaan tindak pidana ke Bareskrim itu dengan dua pasal. Pasal 421 KUHP adalah perbuatan penyelenggara negara memaksa untuk berbuat atau tidak berbuat. Lanjutnya bisa dibaca di KUHP. Yang kedua Pasal 310 KUHP, yaitu pencemaran nama baik," kata Ghufron di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Senin (20/5).

Namun, Ghufron tidak menjelaskan lebih lanjut soal detail mengapa dia melaporkan anggota Dewas KPK tersebut ke polisi.

"Apa dasar-dasarnya? nanti, kan ini masih berproses," ujarnya.

Ghufron tidak menyebut secara langsung siapa anggota Dewas KPK yang dilaporkan ke Bareskrim, tetapi dia mengatakan ada lebih dari satu orang yang dilaporkan. "Ada beberapa, tidak satu," kata dia.

Pimpinan KPK berlatar belakang akademisi tersebut mengaku langkahnya menempuh jalur hukum adalah hak setiap warga negara dan merupakan fasilitas yang disediakan negara untuk menyelesaikan sengketa.

"Saya ini sudah diperiksa. Sebelum diperiksa sudah diberitakan dan itu bukan hanya menyakiti dan menyerang nama baik saya. Nama baik keluarga saya dan orang-orang yang terikat, memiliki hubungan dengan saya itu juga sakit. Mohon maaf ini teman-teman saya semuanya adalah bagian yang merasa terpanggil untuk membantu dan membela saya," tuturnya.

Saat ini Nurul Ghufron tengah menjalani sidang kode etik setelah pada awal Desember 2023 diadukan ke Dewas KPK terkait dugaan penyalahgunaan wewenang dengan membantu mutasi aparatur sipil negara Kementerian Pertanian ke Malang, Jawa Timur.

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nurul Ghufron melaporkan anggota Dewan Pengawas KPK ke Bareskrim Polri.

-


Sumber: https://www.jpnn.com/news/anggota-dewas-kpk-dilaporkan-ke-bareskrim-ini-kasusnya
Tokoh



Graph

Extracted

persons Nurul Ghufron,
ministries ASN, Bareskrim Polri, Dewas KPK, KPK, Polisi,
topics KUHP,
fasums Gedung Merah Putih KPK,
places DKI Jakarta, JAWA TIMUR,
cities Malang,
cases korupsi,