Melalui Blok Rokan dan Mahakam, Pertamina Berhasil Tingkatkan Penyediaan Energi

  • 21 Mei 2024 08:55:56
  • Views: 6

| Senin, 20/05/2024 21:19 WIB

RADARBANGSA.COM - PT Pertamina (Persero) berhasil meningkatkan peran strategisnya dalam penyediaan energi Indonesia melalui pengelolaan dua blok migas raksasa, yaitu Blok Rokan di Riau dan Blok Mahakam di Kalimantan Timur.

“Blok Mahakam dan Rokan merupakan lapangan-lapangan migas mature. Melalui beragam inovasi dan penerapan teknologi yang tepat, Pertamina berhasil menahan laju penurunan produksi alamiah dan sekaligus meningkatkan produksi migas Pertamina,” kata Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero), Fadjar Djoko Santoso dalam rilisnya, Senin, 20 Mei 2024.

Fadjar mengungkapkan, setelah setahun dioperasikan oleh PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM), pada 2019 produksi Blok Mahakam sebesar 32,1 ribu barel minyak per hari dan gas sebesar 640 juta standar kaki kubik yang menempatkan blok migas ini sebagai salah satu penghasil gas terbesar di Indonesia.

“Pertamina terus melakukan pengeboran secara agresif. Alhasil, di tahun 2022, Pertamina berhasil menemukan cadangan minyak dan gas bumi baru di Blok Mahakam puluhan miliar kaki kubik gas dan jutaan barel minyak,” imbuhnya.

Di tahun 2023, lanjut Fadjar, Pertamina kembali berhasil mendapatkan penemuan baru (discovery) gas dan kondensat di sumur eksplorasi Adiwarna-1x di Blok Mahakam. Pengeboran yang mencapai kedalaman akhir sumur 4.290 meter ini berhasil menemukan lapisan hidrokarbon gas dan kondensat.

Sementara itu di Blok Rokan, Pertamina juga melalui PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) aktif menjalankan program pengeboran, “Produksi minyak PHR saat ini mencapai 161 ribu barrel oil per hari (MBOPD), lebih tinggi dibandingkan produksi sebelum alih Kelola,” tukasnya.


Sumber: https://www.radarbangsa.com/news/48932/melalui-blok-rokan-dan-mahakam-pertamina-berhasil-tingkatkan-penyediaan-energi
Tokoh



Graph