Makan Siang Gratis dan Internet Ngebut Starlink untuk Rakyat Indonesia di Masa Depan?

  • 21 Mei 2024 07:59:04
  • Views: 8

PIKIRAN RAKYAT - Makan siang gratis dan internet ngebut tampaknya bisa segera dinikmati oleh rakyat Indonesia dalam beberapa tahun kedepan. Kemiskinan dan ketertinggalan teknologi informasi, mungkin bisa dituntaskan oleh pemerintah jika sesuai rencana.

Terpilihnya Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden dan wakil presiden Indonesia 2024 menjadi harapan rakyat untuk terlepas dari kemiskinan.

Program makan siang gratis yang digaungkan Prabowo-Gibran, yang harus ditagih rakyat, menjadi salah satu cara entaskan kemiskinan di Indonesia.

Baca Juga: Polisi Sebut Flyover Ciroyom Bandung Sejak Awal Belum Dibuka untuk Umum

Selain itu, kedatangan CEO Tesla Inc. Elon Musk, ke Indonesia beberapa waktu lalu membawa angin segar untuk rencana peluncuran internet Starlink yang disebut mampu menjangkau daerah-daerah terpencil di Indonesia.

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, mengatakan kedatangan Elon Musk dan peluncuran Starlink, akan berdampak pada jangkauan internet ke pelosok negeri.

"Tentunya ada beberapa kerja sama penting, salah satunya ialah peresmian layanan internet Starlink yang mampu menjangkau hingga ke pelosok Indonesia," kata Luhut via akun Instagram-nya pada Minggu, 19 Mei 2024.

Makan Siang Gratis yang "Tidak Gratis"

Prabowo mengungkapkan bahwa skema program makan siang gratis nantinya akan memangkas beberapa alokasi anggaran yang tidak perlu di pemerintahan. APBN menjadi tumpuan program tersebut agar tercapai.

"Kami dapat menghemat banyak uang dengan memangkas yang tidak perlu dan ini akan berkontribusi pada pertumbuhan, serta mendorong pertumbuhan ekonomi. Kami sangat percaya diri," ucap Prabowo dalam acara Qatar Economic Forum di Doha, Qatar, Rabu, 15 Mei 2024.

Prabowo menjelaskan terdapat sejumlah metode untuk mengoptimalkan pengelolaan anggaran. Dengan demikian, APBN bisa sepenuhnya menanggung biaya program unggulan Prabowo-Gibran termasuk makan siang gratis dan susu gratis.

"Kami menghitung itu, dan ada metode untuk refocusing dan mengurangi anggaran untuk program yang tidak esensial. Ini adalah soal efisiensi, tata kelola yang baik, pengaturan dan manajemen yang baik," kata Prabowo.

Internet Cepat dari Elon Musk

Bos Tesla, Elon Musk, meluncurkan Starlink, layanan internet berbasis satelit di Indonesia.

"Dalam jangka waktu panjang, perusahaan saya memungkinkan, sangat memungkinkan, untuk berinvestasi di Indonesia," kata Elon Musk usai Showcase Layanan oleh Kementerian Kesehatan di Denpasar, Bali.

Walakin, Musk enggan membeberkan lebih lanjut perihal investasi yang dimaksudnya. CEO Tesla sekaligus SpaceX ini mengatakan saat ini akan fokus pada peluncuran Starlink di Indonesia.

"Kami ingin menyimpan kabar tentang itu untuk kesempatan lain," ujar Elon Musk.

Adapun soal Starlink, Elon mengaku sangat antusias menghadirkan koneksi internet yang bisa menjangkau hingga pelosok Indonesia, terutama wilayah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T).

Konektivitas, menurut Elon, bisa membawa perubahan yang bermakna bagi masyarakat. Terlebih apabila internet itu dimanfaatkan untuk memperoleh akses Pendidikan dan pelayanan Kesehatan.

"Internet bahkan bisa jadi penyelamat. Seperti yang saya bilang, Ketika kamu bisa mengakses internet, kamu bisa belajar banyak hal," tuturnya.***


Sumber: https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-018110668/makan-siang-gratis-dan-internet-ngebut-starlink-untuk-rakyat-indonesia-di-masa-depan?page=all
Tokoh









Graph

Extracted

persons Elon Musk, Gibran Rakabuming Raka, Luhut Binsar Panjaitan, Prabowo,
companies Instagram, SpaceX, Tesla Inc,
ministries Polisi,
topics APBN, BOS,
nations Indonesia, Qatar,
places JAWA BARAT,
cities bandung, Denpasar, Doha,
brands Tesla,