Ini 5 Bangunan Tua dan Bersejarah di Bogor Masih Berdiri Kokoh Hingga Saat Ini, Salah Satunya Peninggalan Zaman Belanda

  • 21 Mei 2024 02:23:21
  • Views: 9

AYOBOGOR.COM - Inilah 5 bangunan tua dan bersejarah di Bogor masih berdiri kokoh dan salah satunya adalah peninggalan zaman Belanda.

Terdapat 5 bangunan tua di Bogor yang sangat bersejarah, selain itu bangunan tersebut hingga saat ini masih berdiri kokoh.

Kalian harus tahu 5 bangunan tua apa saja dan sangat bersejarah yang ada di Bogor ini, terlebih ada pula yang katanya hasil peninggalan zaman Belanda.

Baca Juga: KKS BNI Cair Rp400 Ribu Di Wilayah Ini, Benarkah Bansos PKH Tahap 3 Sudah Cair?

Lantas apa saja 5 bangunan tua dan bersejarah di Bogor dan masih berdiri kokoh hingga saat ini? Berikut uraian lengkapnya di bawah ini:

1. Gereja Katedral Bogor

Memiliki nama resmi Gereja Beatae Mariae Virginis atau BMV Katedral Bogor. Gereja Katolik yang berada di Jl. Kapten Muslihat No.22 ini didirikan tahun 1896.

Diinisiasi oleh Pastor Mgr. AC. Claessens, Pr dan MYD Claessens, Pr, yang membeli sebuah rumah dan pekarangan luas untuk Misa Kudus dan peristirahatan para tamu dari Jakarta pada tahun 1881.

2. Masjid Al Mustofa

Masjid ini terletak di Jalan Ciremei Ujung Kaum No. 2, Masjid ini berusia hampir 3 abad. Pembangunan masjid ini diperkirakan pada tahun 1728.

Meski sudah beberapa kali direnovasi untuk menjaga keawetan bangunan, namun elemen utama, dekorasi dan strukturnya masih utuh.

Masjid ini didirikan oleh Tubagus H. Mustofa Al-Bakri, Keturunan Sunan Gunung Jati dan menjadi cagar budaya yang dilindungi secara Nasional.

Baca Juga: BPNT Tahap 4 Kapan Cair? Yuk Intip Jadwalnya di Aplikasi SIKS-NG, KPM Pemilik KKS Merah Putih Pasti Penasaran

3. Museum Perjuangan Bogor

Museum Perjuangan Bogor merupakan salah satu museum yang menjadi saksi pergerakan Bangsa Indonesia untuk meraih kemerdekaan.

Museum ini dibangun pada tahun 1879 dan awalnya dimiliki oleh pengusaha Belanda Wilhelm Gustaf Wissner.

Bangunan ini juga jatuh ke tangan Jepang dan berfungsi sebagai gudang barang sitaan dari interniran Belanda.

4. Stasiun Bogor

Stasiun Bogor merupakan salah satu infrastruktur pemerintah Belanda yang mulai beroperasi pada tahun 1881.

Berdiri dengan nama station Buitenzorg, stasiun ini adalah rangkaian dari jalur kereta api Batavia-Buitenzorg untuk kelancaran arus perdagangan dan kegiatan bisnis.

Baca Juga: Alhamdulillah! 3 Bansos Masih Dicairkan, Berikut Hasil Cek Saldo KKS Merah Putih PKH Tahap 3 dan BPNT Tahap 4 Sore Ini

5. Gedung Karesidenan Bogor

Gedung ini terletak di Jalan Ir. H. Juanda, berdiri sejak tahun 1870 dan merupakan arsitektur neoklasik berlantai dua yang sederhana dengan jendela-jendela besar menjadi ciri khasnya.

Semula, bangunan ini merupakan peninggalan pemerintah kolonial Belanda, dan menjadi kantor residen serta rumah tinggal asisten pada saat itu.

Baru pada tahun 2000 diambil alih oleh pemerintah kota Bogor kemudian berganti nama dan fungsinya menjadi gedung Bakorowil I.

Sejak awal, struktur dan arsitekturnya tidak banyak berubah. Oleh karena itu, Gedung kediaman Bogor merupakan bangunan cagar budaya.

Nah, itulah 5 bangunan tua dan bersejarah di Bogor yang masih berdiri kokoh hingga saat ini, salah satunya peninggalan zaman Belanda.***


Sumber: https://www.ayobogor.com/berita-bogor/3112714425/ini-5-bangunan-tua-dan-bersejarah-di-bogor-masih-berdiri-kokoh-hingga-saat-ini-salah-satunya-peninggalan-zaman-belanda?page=all
Tokoh

Graph

Extracted

bumns BNI,
organizations API,
religions Katolik,
topics Bantuan Sosial,
fasums museum, Stasiun Bogor,
nations Belanda, Indonesia, Jepang,
places DKI Jakarta, JAWA BARAT, JAWA TENGAH,
cities Bogor, Gunung, Jati, Kudus,