Gunung Ibu Meletus pada Sabtu Malam, Lebih dari 400 Jiwa Penduduk Dievakuasi

  • 20 Mei 2024 22:48:13
  • Views: 10

PIKIRAN RAKYAT - Lebih dari 400 jiwa penduduk desa di Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara, telah dievakuasi setelah Gunung Ibu meletus untuk fase kedua pada Sabtu, 18 Mei 2024.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan evakuasi dilakukan dengan truk taktis TNI/Polri dan bak terbuka, melibatkan warga dari tujuh desa termasuk Desa Gam Ici dan Desa Tonte Ternate.

Abdul Muhari, Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, mengonfirmasi bahwa proses evakuasi masih berlangsung hingga Minggu, 19 Mei 2024.

Tim gabungan terus mendata penduduk dalam radius tujuh kilometer dari kawah aktif Gunung Ibu, sesuai rekomendasi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian ESDM untuk menjaga keselamatan masyarakat.

"Sejak tadi malam satu per satu dievakuasi menggunkan akendaraan truk taktis TNI/Polri dan bak terbuka bersama warga," katanya yang saat ini masih berada di Posko Utama banjir lahar dingin Gunung Marapi, Sumatera Barat.

Erupsi fase kedua terjadi pada Sabtu malam pukul 20.34 WIT, dengan tinggi kolom abu mencapai 1.000 meter dari puncak kawah. Meskipun tidak lebih besar dari fase pertama, erupsi tersebut menyebabkan PVMBG meningkatkan status Gunung Ibu menjadi level IV atau Awas.

Wilayah radius empat kilometer harus dikosongkan, dengan perluasan sektoral hingga tujuh kilometer dari bukaan kawah aktif.***


Sumber: https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-018105157/gunung-ibu-meletus-pada-sabtu-malam-lebih-dari-400-jiwa-penduduk-dievakuasi?page=all
Tokoh



Graph

Extracted

persons Abdul Muhari,
ministries BNPB, Kementerian ESDM, PVMBG, TNI,
organizations GAM,
topics Banjir,
places MALUKU, MALUKU UTARA, SUMATERA BARAT,
cities Gunung,