Lemhannas Dorong Reaktualisasi Ketahanan Nasional Melalui Geo-cybernetics

  • 20 Mei 2024 21:06:47
  • Views: 7

Jakarta -

Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) RI menggelar sarasehan pada rangkaian peringatan hari ulang tahun (HUT) Lemhannas RI ke-59. Rangkaian peringatan hari jadi Lemhanas RI tahu ini mengangkat tema 'Reaktualisasi Ketahanan Nasional'.

Sekretaris Utama Lemhannas RI, Komjen RZ Panca Putra Simanjuntak menuturkan, kegiatan diharapkan menjadi sarana refleksi bagi Lemhannas RI. Sekaligus, kata dia, sebagai upaya untuk mengembangkan dan memperkuat peran Lemhannas RI dalam menjalankan tugas sebagai lembaga pemerintah non-kementerian.

"Lemhannas RI menjadi pusat rujukan dan center of excellence ilmu pengetahuan ketahanan nasional dalam menghadapi berbagai ancaman, hambatan dan tantangan di tengah pengaruh dan perkembangan dunia geopolitik geostrategi saat ini," kata Panca dalam keterangannya, Senin (20/8/2024).

-

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Panca berharap seluruh insan di Lemhannas RI dapat mengingat kembali jati diri bangsa dengan memperkuat pertahanan nasional. Menurutnya, hal itu merupakan daya lentur bangsa yang berisi keuletan dan ketangguhan bangsa dalam menghadapi berbagai potensi ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan.

"Harapannya kita mampu mewujudkan tujuan nasional dan mendukung program pembangunan nasional demi mewujudkan Indonesia emas 2045," ucap dia.

Panca menuturkan, sebagai center of excellence, Lemhannas RI membangun body of knowledge ketahanan nasional terdiri enam hal. Diantaranya konsensus dasar negara, geopolitik, geostrategi, kewaspadaan nasional kepemimpinan nasional hingga sistem manajemen nasional.

"Rumusan body of knowledge ini terus disempurnakan dan dijabarkan dalam bentuk kerjasama dengan seluruh stakeholder dan perguruan tinggi," jelas Panca.

Lebih jauh, mantan Kapolda Sumut itu menyebut, dalam menghadapi era teknologi informasi saat ini, cyber warfare merupakan ancaman besar terhadap peradaban sosial, perdamaian dan stabilitas hubungan antar negara.

Karena itu, pada momentum hari jadi tahun ini, sebut Panca, Lemhannas mempersembahkan terminologi baru dalam hubungan antar negara, yakni 'Geo-cybernetics'.

"Suatu konsep yang berkaitan dengan perkembangannya tatanan ruang baru yaitu ruang siber atau cyberspace," terang Panca.

"Dalam ruang ini informasi memiliki peran kunci dalam pengambilan keputusan strategis dan manajemen krisis," tambahnya.

Karena itu, dia berharap Lemhannas RI dapat menjadi kawah candradimuka bagi kader-kader pemimpin dan pemimpin nasional.

"Pemimpin yang berkarakter kebangsaan, mampu menghadapi tantangan zaman, mampu menyelesaikan permasalahan secara komprehensif, integral, holistik dan berkeadilan untuk kepentingan keutuhan NKRI," pungkas dia.

(ond/dnu)
Sumber: https://news.detik.com/berita/d-7350099/lemhannas-dorong-reaktualisasi-ketahanan-nasional-melalui-geo-cybernetics
Tokoh



Graph

Extracted

persons Panca Putra Simanjuntak,
ministries Lemhannas,
products emas,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta, Sumatera Utara,
cities Jati,