Apa Itu World Water Forum 2024 yang Digelar di Bali? Punya Tujuan Sejalan dengan UNICEF

  • 20 Mei 2024 15:25:19
  • Views: 15

PIKIRAN RAKYAT – Indonesia terpilih menjadi tuan rumah World Water Forum ke-10 yang digelar di Bali pada 18-25 Mei 2024. Event ini akan membahas isu-isu konservasi air, air bersih dan sanitasi, ketahanan pangan dan energi, serta mitigasi bencana alam. World Water Forum adalah forum internasional sektor air yang diselenggarakan oleh World Water Council (WWC).

Tema yang diangkat dalam World Water Forum yang ke-10 ini adalah ‘Water for Shared Prosperity’ atau ‘Air untuk Kemakmuran Bersama’. Tema ini sejalan dengan tujuan United Nations Children's Fund (UNICEF) yang ingin anak-anak terbebas dari ancaman perubahan iklim dan minimnya pasokan air.

UNICEF pun mendukung penuh hak atas air dan sanitasi, termasuk World Water Forum ke-10 yang secara tidak langsung mempromosikan kesetaraan dalam memperoleh air bersih.

Tuan Rumah World Water Forum

World Water Forum pertama kali digelar pada 1997 silam, dengan Kota Marrakesh, Maroko, sebagai tuan rumah pertamanya. Sejak saat itu, World Water Forum digelar secara rutin setiap tiga tahun sekali. Berikut daftar negara yang pernah menjadi tuan rumah World Water Forum:

Den Haag, Belanda pada tahun 2000 Kyoto, Shiga, dan Osaka, Jepang pada tahun 2003 Meksiko pada tahun 2006 Istanbul, Turki pada tahun 2009 Marseille, Prancis pada tahun 2012 Daegu dan Gyeongbuk, Korea Selatan pada tahun 2015 Brasilia, Brasil pada tahun 2018 Dakar, Senegal pada tahun 2022 Bali, Indonesia pada tahun 2024 Diplomasi Air

Ketahanan dan diplomasi air turut menjadi isu penting dalam perhelatan World Water Forum 2024. Dilansir dari Kemensetneg, ada beberapa upaya yang dilakukan Indonesia terkait diplomasi air. Salah satunya, dalam perhelatan G20 tahun 2022, Indonesia meluncurkan Indonesia Water Fund (IWF) yang ditandai dengan penandatanganan memorandum of understanding (MOU) oleh Kementerian BUMN, Perum Jasa Tirta I, dan Holding Danareksa. Tujuan utama IWF adalah mengatasi permasalahan air bersih di Indonesia.

Kemudian, United States Agency for International Development (USAID) meluncurkan Rencana Program di Indonesia sebagai negara prioritas Strategi Global Sektor Air pada 21 Juli 2023. Melalui program tersebut, USAID akan menginvestasikan lebih dari 50 juta dolar AS untuk meningkatkan akses 1 juta penduduk Indonesia terhadap layanan air minum dan sanitasi yang aman, berkelanjutan, dan berketahanan iklim pada 2027. USAID juga akan memobilisasi 300 juta dolar AS untuk sektor air dan memperkuat 100 lembaga terkait.***


Sumber: https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-018105757/apa-itu-world-water-forum-2024-yang-digelar-di-bali-punya-tujuan-sejalan-dengan-unicef?page=all
Tokoh

Graph

Extracted

ministries Kementerian BUMN,
organizations IWF,
ngos UNICEF,
products dolar AS,
nations Belanda, Brasil, Indonesia, Jepang, Korea Selatan, Maroko, Meksiko, Prancis, Senegal, Turki,
cities Kyoto, Osaka,