Israel Lancarkan Serangan ke Gaza saat Utusan AS Bertemu Netanyahu

  • 20 Mei 2024 13:30:23
  • Views: 7

Syafira | Senin, 20/05/2024 03:03 WIB

Kamp pengungsi Jabalia, 18 Mei 2024. REUTERS

KAIRO - Pesawat dan tank Israel menggempur daerah-daerah di Jalur Gaza, kata warga, ketika penasihat keamanan nasional Gedung Putih Jake Sullivan bertemu dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu pada Minggu di tengah seruan AS untuk kampanye militer yang lebih terfokus.

Sullivan diperkirakan akan mendesak Israel untuk menyerang militan Hamas dengan cara yang ditargetkan. Bukan dengan serangan skala penuh di kota Rafah di Gaza selatan, kata Gedung Putih sebelum diskusi.

Israel telah mendesak masuk ke kota yang dikatakannya sebagai benteng terakhir pasukan Hamas. Ratusan ribu warga Palestina telah meninggalkan wilayah yang merupakan salah satu dari sedikit tempat pengungsian mereka yang tersisa.

“Di seluruh Jalur Gaza, tidak ada keamanan,” kata Sahar Omran yang mengatakan kepada Reuters bahwa keluarganya telah meninggalkan Rafah dan baru saja kembali ke rumah mereka yang tersisa di kota selatan Khan Younis yang mereka tinggalkan hampir lima bulan lalu.

“Kami membawa anak-anak, cucu-cucu, dan putri-putri kami dan kami datang dan tinggal di atas reruntuhan rumah kami. Karena tidak ada tempat untuk berlindung di sini,” kata Omran kepada Reuters di dalam reruntuhan sementara seorang wanita lain sedang memasak di atas api.

Pasukan Israel juga masuk lebih dalam ke gang-gang sempit Jabalia di Gaza utara pada malam hari hingga Minggu, kembali ke daerah yang mereka katakan telah mereka bersihkan sebelumnya dalam konflik, kata warga.

Militer Israel mengatakan operasinya di Jabalia – kamp pengungsi terbesar dari delapan kamp pengungsi bersejarah di Gaza – tepat sasaran dan dimaksudkan untuk menghentikan Hamas membangun kembali cengkeramannya di sana.

Militer Israel mengatakan pihaknya "beroperasi untuk mengidentifikasi sel-sel teroris bersenjata dan ... melakukan puluhan serangan untuk membantu pasukan yang beroperasi di lapangan" di wilayah Jabalia.

Menjelang perundingan hari Minggu, seorang pejabat Israel mengatakan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dan para pembantu seniornya akan berusaha mencapai kesepakatan dengan Sullivan mengenai perlunya upaya untuk memajukan upaya Rafah.

Kekhawatiran AS di masa lalu mengenai kelayakan langkah-langkah kemanusiaan Israel mungkin telah hilang dengan evakuasi sekitar setengah warga Palestina di kota itu dalam 12 hari, kata pejabat tersebut, yang berbicara kepada Reuters tanpa menyebut nama.

“Kami telah menunjukkan bahwa hal ini tidak hanya diperlukan, namun dapat dilakukan,” tambah pejabat tersebut.

Pejabat itu mengatakan Israel juga akan menyampaikan kekhawatirannya mengenai puluhan terowongan yang menurut pasukannya ditemukan di bawah Rafah, yang mengarah ke Mesir – yang mengutuk tindakan militer tersebut.

“Terowongan ini digunakan oleh Hamas untuk memasok senjata dan amunisi, dan berpotensi digunakan untuk menyelundupkan sandera Gaza atau agen senior Hamas keluar dari Gaza,” kata Wakil Jaksa Negara Israel Noam Gilad dalam sidang di Den Haag pada hari Jumat, di sebuah sidang di Den Haag. Jarang sekali ada rincian tuduhan yang sebelumnya dianggap tidak benar oleh layanan informasi negara Mesir.

Netanyahu mengatakan operasi di Rafah, tempat Israel yakin seperempat pasukan tempur Hamas bersembunyi, dapat selesai dalam beberapa minggu.

Washington mengkhawatirkan ratusan ribu pengungsi Palestina yang berlindung di sana, dan menyatakan perlunya tidak hanya mengevakuasi mereka tetapi juga memastikan akomodasi alternatif yang memadai.

Setidaknya 28 warga Palestina tewas pada hari Minggu, kata pejabat kesehatan Gaza dan Hamas, sebagian besar dari mereka tewas dalam serangan terhadap sebuah rumah di Nuseirat di Jalur Gaza tengah.

Layanan Darurat Sipil Gaza mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa tim penyelamat sejauh ini telah menemukan 150 jenazah warga Palestina yang dibunuh oleh tentara dalam beberapa hari terakhir, dan bahwa 300 rumah telah terkena tembakan udara dan darat Israel.

Serangan Hamas terhadap Israel pada 7 Oktober yang memicu perang menewaskan 1.200 orang, menurut penghitungan Israel. Sekitar 125 dari 253 orang yang diculik dalam serangan itu diyakini masih ditahan di Gaza.

Setidaknya 35.386 warga Palestina telah tewas dalam serangan Israel sejak 7 Oktober, menurut kementerian kesehatan wilayah tersebut. Badan-badan bantuan telah memperingatkan akan meluasnya kelaparan dan kekurangan bahan bakar dan pasokan medis.

Militer Amerika mengatakan pada hari Jumat bahwa truk-truk telah mulai memindahkan bantuan ke darat dari dermaga sementara yang dibangun oleh pasukannya, yang merupakan dermaga pertama yang mencapai daerah kantong yang terkepung melalui laut dalam beberapa minggu.

Komite Perlawanan Populer (RRC), sebuah kelompok bersenjata yang berjuang bersama Hamas di Gaza, mengeluarkan pernyataan yang mengatakan bahwa dermaga tersebut dibangun untuk mengurangi tekanan politik terhadap Israel, dan bahwa setiap pasukan Israel atau AS yang berada di wilayahnya akan dianggap sebagai target yang sah.

Pada hari Sabtu, Hamas juga menyampaikan kekhawatirannya mengenai dermaga tersebut, memperingatkan terhadap adanya kekuatan militer asing di Gaza, namun tidak memberikan pernyataan langsung ancaman.

Pada bulan Maret, ketika Presiden Joe Biden mengumumkan rencana pembangunan dermaga di negaranya, dia berkata: "Tidak ada kapal AS yang akan mendarat."

KEYWORD :

Israel Palestina Genocida Gaza Serangan Rafah


Sumber: https://www.jurnas.com/artikel/155921/Israel-Lancarkan-Serangan-ke-Gaza-saat-Utusan-AS-Bertemu-Netanyahu/
Tokoh





Graph

Extracted

persons Benjamin Netanyahu, Joe Biden,
companies Reuters,
organizations API,
fasums Gedung Putih,
nations Amerika Serikat, Israel, Jalur Gaza, Mesir, Palestina,
cities Kairo, Washington,
cases Teroris,