Analis Sebut Respons Prancis di Kaledonia Baru Bakal Perkuat Posisi Tiongkok

  • 19 Mei 2024 12:29:10
  • Views: 12

Syafira | Minggu, 19/05/2024 04:04 WIB

Anggota Batalyon Pemadam Angkatan Laut Marseille menaiki pesawat Angkatan Udara Prancis di pangkalan udara militer Istres dekat Marseille, Prancis, 16 Mei 2024. REUTERS

SYDNEY - Ambisi Presiden Prancis Emmanuel Macron untuk memperdalam pengaruh Prancis di Pasifik, tempat Tiongkok memperluas hubungan keamanannya, dapat terancam oleh respons keras terhadap kerusuhan sipil di Kaledonia Baru, Pasifik kata para analis dan pejabat.

Kerusuhan mematikan meletus minggu ini di kalangan penduduk asli Kanak, setelah Paris mengubah peraturan pemungutan suara untuk memungkinkan lebih banyak warga Perancis untuk bergabung dalam daftar pemilih di wilayah Pasifik. Kekerasan dan kedatangan ratusan polisi dari Paris menghidupkan kembali kepekaan regional terhadap kolonialisme.

Analis dari Universitas Nasional Australia di Pasifik, Graeme Smith, mengatakan tindakan keras yang dilakukan polisi Prancis di Noumea dapat meningkatkan persenjataan Tiongkok terhadap warisan kolonial negara-negara Barat di Pasifik – termasuk uji coba nuklir Prancis dan Amerika.

“Ini akan berjalan sangat baik karena Tiongkok telah menemukan beberapa sejarah kolonial di Pasifik,” katanya.

Beijing telah berupaya memperdalam hubungan keamanannya di Kepulauan Pasifik, yang berlokasi strategis antara Amerika Serikat dan Asia, dengan keberhasilan yang beragam.

Setelah membuat pakta keamanan dengan Kepulauan Solomon pada tahun 2022 yang membuat Washington khawatir, Beijing gagal mencapai kesepakatan perdagangan dan keamanan di seluruh Pasifik.

Tiongkok mengalihkan perhatian dan dukungan finansial ke sub-kelompok, Melanesian Spearhead Group, yang dibentuk pada tahun 1986 untuk mendukung dekolonisasi negara-negara Melanesia yang masih berada di bawah kekuasaan kolonial, terutama Front de Liberation Nationale Kanak et Socialiste (FLNKS) di Kaledonia Baru.

Anggota-anggotanya, Papua Nugini, Fiji, Vanuatu, dan Kepulauan Solomon, berada di pusat perebutan pengaruh antara Tiongkok dan A.S. serta sekutunya, termasuk Australia dan Prancis.

Pada bulan Juli, Macron melakukan kunjungan pertama ke Vanuatu oleh pemimpin Perancis sejak negara tersebut memperoleh kemerdekaan dari Perancis dan Inggris pada tahun 1980, dalam pidatonya ia memperingatkan menentang “imperialisme baru” Tiongkok.

Tiongkok adalah kreditor eksternal terbesar di Vanuatu, dan perdana menterinya digulingkan oleh anggota parlemen pada bulan berikutnya, sebagian karena mengabaikan kebijakan luar negeri Vanuatu yang tidak selaras.

Para pemimpin Melanesia Spearhead Group bertemu pada bulan Agustus untuk mempertimbangkan kerja sama keamanan dengan Tiongkok, namun belum ada keputusan yang diambil.

Pada hari Kamis, Perdana Menteri Vanuatu Charlot Salwai mengeluarkan pernyataan sebagai ketua kelompok tersebut, mengkritik Perancis atas kerusuhan tersebut dan menuntut negara itu membatalkan reformasi pemilu, yang akan melemahkan suara Kanak di Kaledonia Baru.

“Vanuatu sedang terguncang,” kata seorang anggota parlemen Vanuatu, yang menolak disebutkan namanya, merujuk pada sentimen anti-kolonial di media sosial sebagai tanggapan atas kematian tiga pemuda Kanak.

Reformasi pemilu adalah titik panas terbaru dalam perselisihan selama puluhan tahun mengenai peran Perancis di Kaledonia Baru yang kaya mineral, yang terletak sekitar 1.500 km (930 mil) sebelah timur Australia.
Perancis mencaplok pulau itu pada tahun 1853 dan memberi koloni itu status wilayah luar negeri pada tahun 1946. Pulau ini telah lama diguncang oleh gerakan pro-kemerdekaan.

Penasihat hubungan eksternal FLNKS Jimmy Naouna mengatakan kepada Reuters bahwa dia telah mengangkat krisis ini ke Forum Kepulauan Pasifik, blok regional utama yang beranggotakan 18 orang, sebagai masalah keamanan regional dan pernyataan bersama sedang dinegosiasikan oleh para anggotanya pada akhir pekan.

Oliver Nobetau, rekan Lowy Institute Pacific, mengatakan tanggapan keras polisi Prancis terhadap protes akan menjadi bumerang di wilayah tersebut, di mana dekolonisasi diperkirakan akan terjadi.

“Prancis sedang mencoba untuk muncul kembali sebagai mitra Pasifik dan ini jelas tidak akan membantu citra tersebut,” kata Nobetau, mantan penasihat pemerintah Papua Nugini untuk kesepakatan keamanan internasional.

PNG memperoleh kemerdekaan dari Australia pada tahun 1975, dan menyeimbangkan pakta pertahanan baru dengan Washington dan meningkatkan hubungan perdagangan dengan Tiongkok.

Macron mengunjungi PNG tahun lalu, yang merupakan kunjungan pertama bagi Prancis, dan PNG akan menyeimbangkan responsnya terhadap krisis Kaledonia Baru dengan hubungan ekonominya dengan Prancis, tambahnya.

Para ahli di Perancis dan Pasifik mengatakan mereka tidak melihat adanya tanda-tanda Tiongkok mendorong kemerdekaan Kaledonia Baru, meskipun Beijing akan melihat peluang jika hal ini terjadi.

Prancis mendapat kritik keras di Pasifik pada tahun 1980an, sebelum Perjanjian Noumea tahun 1998.berjuang untuk mengakhiri konflik kekerasan dan menguraikan jalan menuju otonomi bertahap. “Sekarang kita bisa kembali ke titik awal,” kata seorang sumber Perancis yang mengetahui pandangan pemerintah, yang menolak disebutkan namanya.

“Jika ada lebih banyak kematian, citra Perancis akan sangat memburuk,” katanya.

Mantan pemimpin Pasifik, gereja-gereja di kawasan itu, dan ketua Forum Kepulauan Pasifik Mark Brown telah mengeluarkan pernyataan minggu ini yang mengkritik Prancis karena mendorong referendum kemerdekaan pada tahun 2021 meskipun ada boikot suku Kanak, yang gagal diloloskan.

Sumber Perancis tersebut mengatakan Macron telah melakukan serangkaian kesalahan sejak referendum, dengan menunjuk kelompok garis keras seperti Sonia Backes di pemerintahan, atau Nicolas Metzdorf sebagai sponsor RUU tersebut di parlemen.

“Bagi masyarakat Kanak yang pro-kemerdekaan, sepertinya dia memberi mereka jari tengah.”

KEYWORD :

Rusuh Prancis Kaledonia Baru Warga Adat


Sumber: https://www.jurnas.com/artikel/155874/Analis-Sebut-Respons-Prancis-di-Kaledonia-Baru-Bakal-Perkuat-Posisi-Tiongkok/
Tokoh





Graph