17-23 Mei Hujan Lebat Ancam Wilayah di 7 Provinsi Ini

  • 19 Mei 2024 01:30:35
  • Views: 9

Jakarta, CNBC Indonesia - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis prakiraan cuaca terbaru, berlaku hingga sepekan mendatang.

Dalam tayangan video yang diunggah di akun Instagram resmi BMKG pada Sabtu (18/5/2024) disebutkan, sebagian besar wilayah Indonesia diprediksi akan mengalami hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.

BMKG menyebutkan, potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat akan terjadi pada periode 17 - 23 Mei 2024. Wilayah-wilayah yang diprediksi terkena dampak antara lain Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatra Selatan.

-

-

Lalu, daerah lain yang berpotensi hujan adalah Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo.

Di samping itu, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat Daya, Papua Barat, Papua, Papua Pegunungan, dan Papua Selatan juga memiliki potensi hujan.

Dalam peringatan ini, BMKG mengimbau masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi dampak yang bisa ditimbulkan oleh cuaca ekstrem ini.

"BMKG mengimbau agar masyarakat tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang bisa ditimbulkan. Seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, angin kencang pohon tumbang dan jalanan licin," tuturnya.

Lebih lanjut dijelaskan, cuaca Indonesia sepekan ke depan disebabkan oleh Gelombang Rossby Ekuatorial yang diprakirakan aktif di wilayah Sumatra bagian selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, dan Papua Selatan.

Sementara itu faktor lainnya adalah Gelombang Kelvin yang diperkirakan aktif di wilayah Jawa, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.


[-]

-

Ada Siklon, BMKG Ingatkan Angin Kencang-Hujan Lebat Intai Jateng-Jatim
(dce)
Sumber: https://www.cnbcindonesia.com/news/20240518195129-4-539337/peringatan-bmkg-17-23-mei-hujan-lebat-ancam-wilayah-di-7-provinsi-ini
Tokoh

Graph