Usung Marzuki Mustamar di Pilkada Jatim, PKB Bikin Poros Tandingan untuk Khofifah

  • 18 Mei 2024 22:35:59
  • Views: 13

AKURAT.CO Wasekjen PKB, Syaiful Huda memastikan, partainya akan membuat poros baru di Pilkada Jawa Timur, untuk menandingi koalisi yang mengusung Khofifah Indar Parawansa.

Huda mengatakan, PKB memiliki kekuatan untuk membentuk koalisi baru. Sebab, perolehan kursi PKB di Jawa Timur sudah memenuhi ambang batas untuk mencalonkan Gubernur dan Wakil Gubernur.

"Posisi di Jawa Timur sama, posisi PKB akan membikin poros di luar Mbak Khofifah. Karena PKB termasuk yang mendapat golden tiket di Jawa Timur, tanpa koalisi dengan partai lain PKB bisa mendorong poros di luar Mbak Khofifah," kata Huda saat dihubungi, Jumat (17/5/2024).

Baca Juga: Heru Budi Hartono Ingatkan Satpol PP Jadi Garda Terdepan Jaga Ketertiban Pilkada 2024

Huda mengatakan, salah satu nama yang akan didorong oleh PKB adalah Mantan Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur KH Marzuki Mustamar.

"Tetapi PKB tetap bangun komunikasi dengan partai lain. Beberapa nama sudah beredar di sana, khusus Jawa Timur saya kira saya bisa menyebut nama Kiai Marzuki Mustamar, mantan Ketua PWNU," ujarnya.

Sebelumnya, Khofifah Indar Parawansa berharap bisa kembali berpasangan dengan Emil Dardak di Pilgub Jatim 2024. Dia berharap, partai pengusungnya yang lalu bisa kompak mendukungnya kembali.

"Saya berharap bahwa empat partai pengusung ini kompak. Saya mudah mudahan diberi kesempatan tetap bersama Mas Emil. Saya merasa nyaman dan produktif bersama Mas Emil lima tahun kemarin," kata Khofifah di Jakarta, Selasa (14/5/2024).

Khofifah mengatakan, empat parpol yang sudah memberikan rekomendasi yaitu Partai Gerindra, Golkar, Demokrat dan PAN.

"Iya kan saya menyampaikan ini klaster satu adalah partai-partai yang sudah memberikan surat rekomendasi, klaster satu ini ada Gerindra, Golkar, Demokrat, ada PAN," ujarnya.


Sumber: https://www.akurat.co/politik/1304662600/usung-marzuki-mustamar-di-pilkada-jatim-pkb-bikin-poros-tandingan-untuk-khofifah
Tokoh













Graph