Status Gunung Ruang Diturunkan dari Siaga ke Waspada

  • 18 Mei 2024 18:00:29
  • Views: 7

JAKARTA - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengumumkan penurunan status aktivitas vulkanik Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara dari siaga menjadi waspada.


"Asap kawah berwarna putih dengan intensitas tebal, tekanan lemah, dan tinggi 200-500 meter di atas puncak kawah," kata Kepala PVMBG Hendra Gunawan dalam laporan yang diterima di Jakarta, Sabtu (18/5).

Iamengatakan penurunan status itu terhitung mulai 18 Mei 2024, pukul 09.00 Wita.

Baca Juga :

Gunung Ruang Keluarkan Asap Putih Kelabu Setinggi 200 Meter

Pada 8-18 Mei 2024, PVMBG mencatat jumlah gempa vulkanik dalam dan gempa vulkanik dangkal cenderung menurun dari hari ke hari.

Gempa tremor menerus masih terekam dengan amplitudo dominan mengecil pada kisaran 2 sampai 4 milimeter. Asap kawasan memiliki ketinggian rentang 100 hingga 700 meter di atas puncak kawah dengan intensitas tebal dan tekanan lemah.

Meski status waspada, Gunung Ruang masih menyimpan potensi bahaya berupa erupsi yang menghadirkan lontaran material pijar radius 2 kilometer dari kawah aktifserta paparan abu vulkanik yang bergantung pada arah dan kecepatan angin.

Banjir lahar hujanjuga perlu diwaspadai bila turun hujan deras di sekitar Gunung Ruang.

Baca Juga :

Gunung Semeru Erupsi, Luncurkan Abu Setinggi 800 Meter ke Arah Tenggara

PVMBG merekomendasikan masyarakat di sekitar Gunung Ruang selalu waspada dan tidak memasuki wilayah radius 2 kilometer dari pusat kawah aktif gunung api tersebut.

"Masyarakat diimbau untuk selalu menggunakan masker untuk menghindari paparan abu vulkanik yang dapat mengganggu sistem pernapasan," kataHendra.


Redaktur : Lili Lestari

Penulis : Antara


Sumber: https://koran-jakarta.com/status-gunung-ruang-diturunkan-dari-siaga-ke-waspada?page=all
Tokoh





Graph

Extracted

persons Gunawan, Hendra Gunawan,
ministries PVMBG,
organizations API,
topics Banjir, Gempa,
products masker,
places DKI Jakarta, SULAWESI UTARA,
cities Gunung,